Fraktur femur atau patah tulang paha

S Info Penanya: S, Pria, 31 Tahun
Setelah saya operasi pasang pen tgl 21 Oktober 2016 di RS Bethesda Jogja, saya didiagnosa fraktur femur karena kecelakaan. Sampai saat ini lutut saya belum bisa ditekuk sempurna maksimal hanya 100 derajat. Latihan apa yang harus saya lakukan, Dok, agar dapat ditekuk dengan sempurna sehingga dapat sholat dengan sempurna. Mohon informasi dan sarannya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak S,

Tulang paha atau nama Latin - nya adalah Os. Femur adalah tulang yang paling besar dan paling kuat dari seluruh tulang.  Femur menghubungkan sendi panggul (Coxa) dan sendi Lutut (Genu).

Pengobatan untuk patah tulang paha hanya dengan tindakan operasi, dan dengan prosedur yang khusus karena merupakan kondisi serius dan darurat.

Masa pemulihan setelah operasi ini memakan waktu antara 3 sampai 9 bulan, dikarenakan besarnya tulang paha, banyaknya pembuluh darah, syaraf yang melalui tulang paha, dan lokasi patahnya tulang.

Bila tulang paha patah didaerah yang terdekat dengan sendi lutut atau sendi coxae, karena  sifatnya sebagai rotasi untuk pergerakan maka masa penyembuhan di daerah sendi dapat menjadi lebih lama.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memeprcepat proses penyembuhan adalah :

  • Konsumsi Suplemen Kalsium,

Dapat diperoleh dari susu dan produk susu, atau dari Suplemen Kalsium yang dapat diperoleh  dengan persetujuan Dokter yang merawat.

  • Latihan secara bertahap.

Untuk jenis latihan dapat terlebih dulu di konsultasikan dengan Fisiotherapys yang ahli dalam hal ini.

  • Berhenti Merokok

Racun dalam Nikotin terbukti dapat menghambat penyembuhan akibat patah tulang.

  • Hindari infeksi

Infeksi dapat menghambat terjadinya penyembuhan bahkan menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

 

Dari informasi yang Bapak sampaikan, maka saat ini waktu setelah operasi baru 3 bulan maka saran kami supaya Bapak tetap sabar menunggu proses pemulihan secara utuh.

Kunjungi Fisiotherapys terdekat, di Rumah Sakit dan Klinik untuk konsultasi lebih lanjut, setelah itu lakukan latihan secara perlahan dan sebaiknya tidak memaksakan kondisi.

Selalu ingat dan patuhi jadwal untuk kunjungan ke Doker Ortopedi yang merawat Bapak.

Semoga saran dan informasi dari kami dapat membantu Bapak, dan harapan kami supaya Bapak segera pulih seperti sedia kala.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala patah tulang biasanya berupa memar di atas tulang, hilangnya fungsi, dan nyeri di area cedera

Patah Tulang: Jenis, Gejala, dan Pengobatannya

Patah tulang memiliki berbagai jenis. Pengobatan patah tulang pun dilakukan sesuai dengan jenisnya. Biasanya, risiko patah tulang atau fraktur dipengaruhi oleh usia, asupan gizi, dan aktivitas harian.