07 Jan 2020, 07:04Psikologi

Fobia Sosial/Kecemasan Sosial

M
Info Penanya: M, Wanita, 19 Tahun
Selamat pagi dok, nama saya mita dok saya takut terkena penyakit fobia sosial/kecemasan sosial, karena menurut gejala yang saya baca di google, semuanya sama seperti yang saya rasakan. Seperti takut berbicara di depan umum, takut menyakiti perasaan orang lain, selalu cemas yang kalau dipikir pikir ga rasional, tapi rasa cemas itu selalu datang. Di sini seolah olah saya tidak punya kebebasan. Tolong dok, saya harus bagaimana? sebelumnya terimakasih dok, saya harap ada solusi untuk saya..
10769 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, M.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Ketakutan atau kegelisahan yang berlebih terhadap interaksi sosial dapat merupakan fobia sosial atau disebut juga dengan gangguan kecemasan sosial. Keadaan ini terjadi ketika seseorang mengalami perasaan sangat cemas dan takut untuk melakukan interaksi sosial sehari-hari yang pada dasarnya normal untuk dilakukan seperti menatap mata orang lain, berjabat tangan, hingga menggunakan kamar mandi umum, serta interaksi sosial lainnya.Terkait dengan keluhan dan pertanyaan Anda, pada dasarnya kecemasan yang dirasakan saat hendak berbicara didepan umum dan kekhawatiran menyakiti perasaan orang lain jika tidak berlebihan bisa saja masih dalam batas wajar, namun apabila keluhan ini membuat Anda menghindari segala bentuk interaksi dan aktivitas sosial, mungkin sudah merupakan suatu gangguan psikologis.Untuk memastikan diagnosis gangguan kecemasan sosial, terdapat panduan yang mengacu pasa asosiasi Psikiater Amerika yang dijadikan acuan internasional dalam ilmu kesehatan jiwa. Penderita perlu untuk memenuhi kriteria dalam panduan tersebut untuk didiagnosis mengalami gangguan kecemasan sosial.Maka, ada baiknya Anda segera memeriksakan keadaan Anda ke dokter Psikiater dan Psikolog untuk mendapatkan bantuan yang sesuai, sehingga keluhan Anda tidak semakin memburuk dan berdampak negatif tidak hanya pada keseharian, tetapi juga keseluruhan aspek kehidupan Anda.

Penanganan pada keadaan ini umumnya dapat berupa :

  • psikoterapi, terapi perilaku kognitif
  • terapi pemaparan 
  • medikamentosa atau penggunaan obat-obatan tertentu untuk mengontrol dan mengurangi kecemasan
Untuk sementara Anda dapat menerapkan pola hidup sehat, seperti makanan bergizi, cukup istirahat dan upayakan berolahraga secara teratur. Cobalah sesekali untuk melawan rasa takut dan kecemasan tersebut hingga Anda menemukan bahwa ternyata ketakutan yang dialami tidak seburuk yang Anda kira. Anda juga dapat bercerita pada orang-orang terdekat yang dapat Anda percayai, atau mengikuti komunitas support group dengan keluhan serupa agar dapat saling mendukung.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
fobiagangguan kecemasan sosialgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil