Flu setiap pagi

H Info Penanya: H
Selamat sore, dok, saya punya penyakit flu yang tidak pernah sembuh, dok. Setiap pagi, hidung saya selalu tersumbat dan mampet, dok. Selain itu, saya juga selalu bersin-bersin. Kondisi ini tidak bisa dikontrol, dok, sehingga sangat mengganggu kualitas hidup saya. Maka dari itu, dok, saya ingin bertanya, apakah ada obat untuk menyembuhkan pilek dan flu ini, dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi H.

Keluhan flu setiap pagi diikuti hidung tersumbat dan bersin-bersin dapat disebabkan oleh adanya alergi.

Keadaan ini dapat disebut dengan rhinitis alergika. Jika benar berarti harus dicari pencetusnya, apakah dari suhu ruangan yang dingin atau debu. 

Gejala dari rhinitis alergika diantaranya : Hidung berair, hidung tersumbat, batuk, bersin, mata berair. 

Penyebabnya adalah alergi itu sendiri, dimana ketika tubuh terpapar oleh alergen maka akan merangsang pelepasan sel-sel peradangan yang dapat memicu keluhan yang dialami. Untuk memastikannya apakah benar alergi atau bukan, Anda dapat berobat langsung ke dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT)

Hal yang bisa dilakukan dirumah :

  1. Hindari pencetus alergi, pastikan dirumah debu-debu di bersihkan jangan ada yang menempel di kamar tidur, coba ganti suhu ruangan menjadi lebih hangat.
  2. Atau, coba gunakan pakaian tebal di ruangan yang dingin

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal di kemaluan adalah salah satu gejala alergi sperma yang dapat terjadi pada pria dan wanita

Gatal di Kemaluan Gejala Alergi Sperma, Ketahui Cara Mendeteksinya

Alergi sperma banyak terjadi pada wanita, namun dapat pula terjadi pada pria. Selain gatal di kemaluan, gejala alergi sperma juga menimbulkan kemerahan di kulit, sensasi terbakar, bengkak dibagian tubuh yang terkena sperma, hingga biduran.