Flu pada bayi berumur 7 minggu

AV Info Penanya: AV, Wanita, 27 Tahun
Dok, saya memiliki bayi berumur 7 minggu. Seminggu setelah lahir dia terkena flu, namun tidak kunjung sembuh sampai saat ini. Karena hidung tersumbat, dia sering rewel, susah tidur dan susah untuk minum susu. Kenapa flu nya tidak sembuh2 ya dok? Dan bagaimana cara agar flunya bisa sembuh dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ibu AV

Terimakasih atas pertanyaannya.

Flu yang tidak kunjung sembuh pada bayi ibu pasti sangat tidak nyaman untuk ibu dan bayi ibu. Apakah ibu atau suami ada riwayat alergi? Apakah di pihak keluarga ada riwayat alergi? Apakah saat ini menggunakan ASI atau sufor?

Kemungkinan flunya akibat reaksi tubuh bayi ibu terhadap zat yang mengakibatkan alergi. Bisa dari kondisi udara yang terlalu dingin atau kering sehingga mengiritasi hidungnya. Bisa juga bila ibu memberi ASI sebaiknya pantang produk susu sapi (dairy), coklat dan kacang terlebih dahulu. Bila ibu menggunakan sufor, ibu bisa mengganti dengan produk  hipoalergik.

Sementara ruangan si kecil dibuat hangat dan lembab. Ibu bisa memberikan minyak telon atau produk balur yang hangat di dadanya. Ada juga alat penghisap ingus yang bisa ibu gunakan.

Bila kondisinya tidak membaik atau ada keraguan di ibu, sebaiknya evaluasi langsung dengan Dokter Anak langganan ibu.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala flu bayi bisa diredakan, antara lain dengan memasang humidifier, untuk melembapkan udara ruangan

Pelajari Penyebab Gejala Flu Bayi dan Cara Mengatasinya

Gejala flu pada bayi dapat membuat bayi merasa tidak nyaman, sulit tidur, hidung tersumbat, kesulitan bernapas, bersin-bersin, meriang, pilek, dan batuk. Gejala flu dapat diredakan dengan memasang humidifier.