10 Sep 2021, 21:18Pernapasan

Flu disertai nyeri kepala dan hilang penciuman, sebabnya apa?

FP
Info Penanya: FP0
Halo dok, mau tanya saya beberapa Minggu sakit flu, tapi saat ini flu sebenarnya sudah tidak tapi masih tersumbat di bagian kanan dan saat bernapas akan nyeri kepala di bagian kanan juga Indra penciuman juga tidak berfungsi dengan baik, itu sebenarnya sakit apa ya dok?
211 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo F,Hilang penciuman disebut anosmia yaitu adanya gangguan pada indera penciuman sehingga tidak bisa mencium aroma. Keluhan ini bisa disertai dengan gejala demam, hidung tersumbat,  bersin-bersin, maupun skait kepala.

Penyebab hilang penciuman

Jika keluhan hanya terjadi disebelah kanan saja, kemungkinan penyebabnya adalah polip, namun jika keluhan dirasakan dikedua hidung dan juga Anda memiliki riwayat berinteraksi dengan orang lain tanpa masker bisa jadi keluhan disebabkan oleh infeksi virus. Jika disebabkan rhinitis, umumnya keluhan berulang jika ada pemicu tertentu misalnya udara dingin atau ruangan berdebu sedangkan jika sinusitis umumnya ada keluhan suara berubah dan nyeri pada wajah.

Mengatasi hilang penciuman

  • Hirup uap hangat dan minyak kayu putih
  • Perbanyak minum air hangat
  • Lakukan cuci hidung
  • Pastikan sirkulasi udara baik dan jauh dari pemicu flu
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, untuk pengobatan sakit kepala Anda boleh konsumsi paracetamol 3x sehari setelah makan dan untuk hidung tersumbat gunakan chlorpheniramine 3x sehari setelah makan. Jika dalam 3 hari keluhan tidak membaik lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis THT terdekat. 
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
fluhidung tersumbatpolip hidung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil