Flu dan nyeri kepala menahun

J Info Penanya: J, Pria, 31 Tahun
Saya sering kena flu dan sakit kepala dokterBisa di bilang hampir setiap hariIni terjadi saat saya masi smp sekitar 20 tahun yg lalu sampai sekarang.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, J

Terimakasih atas pertanyaannya.

Flu yang menahun biasanya disebabkan beberapa hal. Apakah anda sudah memeriksakan diri ke Dokter THT? Kemungkinan pertama adalah anatomi hidung anda, apakah ada suatu polip atau pertumbuhan di dalam hidung karena bisa mengakibatkan menyempitnya saluran hidung sehingga mudah tersumbat.

Kemudian apakah anda ada bakat alergi? Karena iritasi debu dan udara dingin pada seseorang yang rentan alergi akan meningkatkan terbentuknya lendir sehingga mengakibatkan bersin-bersin dan hidung tersumbat. 

Bila hidung sering tersumbat, bakteri akan mudah tumbuh disitu. Lama-kelamaan rongga sinus yang harusnya steril akan terisi bakteri dan anda akan mengalami radang sinus dengan gejala tambahan nyeri di daerah dahi dan sekitarnya.

Sebaiknya evaluasi lebih lanjut dengan Dokter Spesialis THT.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit yang muncul setelah terjadinya letusan gunung berapi biasanya seputar masalah pernapasan

Ini 3 Penyakit Akibat Pencemaran Gunung Meletus yang Harus Diwaspadai

Gunung meletus adalah bencana alam yang mengakibatkan pencemaran udara. Abu dan gas dari letusan gunung dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan, gangguan pada mata, dan penyakit kulit. Salah satu langkah yang harus dilakukan setelah gunung meletus adalah menggunakan masker.