Flu dan bersin tidak kunjung sembuh, apakah karena sinusitis ?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok saya bingung mengenai kondisi saya, saya hampir setiap hari flu dan bersin-bersin apalagi kalo kondisi di ruangan dingin. Apakah itu wajar ya Dok? Apakah ada obat untuk flu dan bersin-bersin saya? Saya beberapa tahun lalu juga sempat divonis sinusitis tapi sudah jarang kambuh.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Flu atau pilek yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh :

  1. Alergi. Faktor alergen yang sering memicu timbulnya alergi adalah cuaca dingin, debu, bulu binatang, makanan tertentu seperti seafood, coklat, kacang, telur, dll.
  2. Polip hidung.
  3. Sinusitis. Adanya peradangan pada rongga sinus dapat menyebabkan pilek yang tidak kunjung sembuh dan disertai dengan bau busuk.
  4. Infeksi paru-paru.

Yang perlu Anda perhatikan adalah pemicu munculnya keluhan pilek tersebut. Bila keluhan pilek terjadi ketika cuaca dingin, maka ada kemungkinan Anda alergi terhadap cuaca dingin selain faktor sinusitis yang sudah Anda derita sebelumnya. Usahakan menggunakan jaket atau minum teh hangat untuk mengurangi keluhan yang muncul, gunakan alat humidifier untuk menjaga kelembaban ruangan, atur suhu ruangan jangan terlalu dingin, serta perbanyak konsumsi sayur dan buah dan istirahat secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu Anda juga bisa membilas hidung menggunakan cairan saline yang disemprotkan ke hidung.

Bila keluhan menetap, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter THT untuk pemeriksaan lebih lanjut misal foto rontgen waters.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pilek biasanya merupakan virus, sementara sinus bisa juga disebabkan oleh pilek

Ketahui Penyebab Pilek dan Sinus Sebelum Berakibat Fatal

Pilek dan infeksi sinus jelas berbeda. Pilek biasanya terjadi hanya beberapa hari. Penyebab pilek biasanya merupakan virus, namun juga dipengaruhi faktor lain seperti usia, sistem imun, waktu, merokok, dan paparan. Sementara itu, sinus sembuh lebih lama dan memiliki gejala yang lebih parah.