flu, batuk dan sering bersin

DF Info Penanya: DF, Wanita, 19 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya..Wanita, umur 20tahun. TB : 160 BB : 68.saya mahasiswa dijogja, udara jogja sedang dingin, suhu malam mencapai 18°C dan siang tidak pernah sampai 30°C.Hari ini tanggal 19 agustus, sejak 1 agustus kemarin saya pulang kerumah di Medan dan cuaca medan sangat amat panas. bahkan malam juga saya merasa gerah.Awal sampai dirumah sekitar 1-4 hari saya merasa tubuh ini berusaha adaptasi dgn cuaca panas dirumah. yang saya rasakan yang jelas gerah karna merasa sangat panas , disertai pusing dan bersin berulang. dan sejak hari pertama saya dirumah saya flu.Yang ingin saya tanyakan adalah, saya flu dari hari pertama dirumah sampai saat ini. yaitu hampir 3 minggu.di minggu ke 2 saya batuk sekitar 6 hari , dan hari ini sudah mendekati minggu ke 3 saya merasakan sesak didada dan sulit bernafas, batuk sudah reda namun flu masih bertahan. saya sering bersin, sekali bersin bisa sampai 7kali.Mohon bantuannya dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam DFA

Kondisi flu atau hidung pilek biasa terjadi pada saat imunitas yang menurun akibat virus, hal in sering terjadi pada saat melakukan aktivitas berpindah kota dan perubahan suhu disuatu tempat.

Pada infeksi influenza biasanya dapat membaik dengan perbaikan imun tubuh dan bersifat self limited atau dapat sembuh dalam beberapa hari akibat eliminasi virus respon dari tubuh. Namun jika keluhan flu terlalu lama disertai batuk lama dan sulit bernafas maka harus dipertimbangkan penyakit lain seperti infeksi saluran pernafas akibat bakteri, penyebaran bakteri dapat turun ke paru memicu peradangan parenkim paru atau pneumonia. Ditambah anda mungkin memiliki prolong rhinitis karena sering bersin dan flu yang lama, hal ini dapat saja dicetuskan oleh infeksi bakteri, reaksi alergi dingin atau debu di lingkungan baru. 

Saya sarankan agar anda istirahat, menghindari debu, hindari stress, perbanyak minum air putih dan multivitamin khususnya vitamin c. Anda juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk tatalaksana penyakit yang lebih tepat. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab batuk berdahak pada bayi bermacam-macam

6 Penyebab Batuk Berdahak pada Bayi yang Harus Diwaspadai Orangtua

Penyebab batuk berdahak pada bayi bermacam-macam, mulai dari penyakit ringan hingga berat. Untuk mengatasi batuk berdahak pada bayi, Anda harus memastikan terlebih dahulu penyebabnya.