flu 3 hari disertai tenggorokan banyak dahak dan hijau saat hamil 15 minggu

MW Info Penanya: MW, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya sedang hamil 15 mgg keluhannya flu sudah 3 hari dokter, cairan nya sudah berwarna hijau, tegorokan terasa banyak dahaknya, obat apa yg harus di konsumsi, apakah aman dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MW


flu disertai pengeluaran dahak hijau dapat menjadi infeksi saluran nafas bagian atas yang disebabkan bakteri. Radang yang dicetuskan kuman membuat hidung jadi tersumbat beringus dan banyak dahak, terkadang memicu batuk. Jika dibiarkan terlalu lama kuman infeksi ISPA dapat turun ke paru membuat sesak nafas.

Untuk itu saya sarankan agar anda perbanyak istirahat, minum air, dan konsumsi multivitamin terutama vitamin c. Selain itu dapat diberikan  beberapa obat simtomatis seperti paracetamol sebagai anti nyeri, mukolitik ambroxol, antihitamin untuk meredakan pilek hidung tersumbat dan pertimbangan antibiotik golongan amoxicilan dan cephalosporin seperti cefadroxil dan cefixime yang bekerja luas dan aman untuk ibu hamil berdasarkan indikasi dokter. 

Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter Sp.THT dan Sp.OG  jika masalah anda tidak kunjung sembuh

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.