08 Jul 2020, 15:45Kandungan

Menstruasi yang tidak teratur setelah menggunakan suntik dan pil KB

SU
Info Penanya: SU, Pria, 43 Tahun
Assllam Dok...Dok ,nama sy WULAN,ibrumah tangga umur 43th...selama 15th sy tdk KB,dn mulai bln 3 kemarin sy mulai KB Pil selama 1bln,belum hbs Pil KB kurang 5hr sy ganti suntik KB 1bulanan krna takut lupa minum Pil,bulan pertama suntik KB mens tdk normal sedikit",buln ke2 KN suntik normal,menginjak bln ke 3 suntik sampai skrng flex trus tp cm sya rasakan bangun tidur &sedikit dok...pertanyaan sya apakah itu normal/berbahaya mengingat sy jg tdk ada keluhan diperut,atas jawaban dokter terima kasih
9761 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, W.KB adalah singkatan dari Keluarga Berencana, yaitu program pemerintah yang difungsikan agar pasangan suami-istri dapat merencanakan jumlah anak, sehingga dapat mengendalikan jumlah populasi. Alat atau metode yang digunakan dalam melakukan program KB disebut dengan kontrasepsi.Ada berbagai jenis kontrasepsi yang dikenal saat ini. Pertama, kontrasepsi alami, yaitu tidak menggunakan alat apapun, tetapi hanya mengubah cara berhubungan seksual. Misalnya, menghindari hubungan saat masa subur, atau melakukan ejakulasi di luar.Lalu yang kedua, ada yang disebut kontrasepsi buatan, yaitu menggunakan alat untuk mencegah kehamilan. Beberapa alat yang digunakan tidak mengandung hormon, seperti kondom dan IUD. Sedangkan sebagian lagi mengandung hormon seperti pil, suntik, dan implan.

Efek Samping Kontrasepsi Hormonal

Nah, kontrasepsi buatan yang mengandung hormon ini tentunya akan memengaruhi produksi hormon alami tubuh, sehingga siklus menstruasi yang diatur oleh sistem hormonal akan terganggu. Beberapa efek samping lain kontrasepsi hormonal adalah:
  • Munculnya flek dari vagina
  • Keputihan yang lebih banyak, sehingga vagina terasa lebih basah
  • Nafsu makan meningkat, yang menyebabkan kenaikan berat badan
  • Nyeri pada payudara atau perut
  • Emosi yang tidak stabil (mood swing)
Oleh karena itu, jika dihubungkan dengan kondisi yang Anda ceritakan, kemungkinan hal tersebut adalah efek suntik dan pil yang Anda gunakan, dan hal tersebut normal terjadi. Apabila Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat menggunakan jenis kontrasepsi buatan non hormonal, yang tidak akan menyebabkan flek berkepanjangan.Tetapi, selain efek samping dari suntik dan pil, ada juga beberapa kondisi yang dapat menyebabkan flek berkepanjangan, misalnya kista ovarium atau kondisi stres psikologis. Oleh karena itu, Anda juga dapat mengonsultasikan hal ini kepada dokter spesialis kandungan, agar dapat diketahui penyebab pastinya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil