Bagaimana tanda-tanda kehamilan?

IM Info Penanya: IM, Wanita
Assalamualaikum dok,saya wanita memasuki usia 30th,saya menikah sudah 2th 2bln kurang lebih saya,Minggu kedua setelah haid saya sudah merasakan tanda-tanda kehamilan,seperti pusing_pusing,Kram di payudara,asam lambung yang meningkat yang sebelumnya saya tidak pernah mengalami,kram blakang dan bagian bawah perut,.skarang memasuki Minggu keempat setelah haid dan saya mengalami flek yang lumayan banyak.,apakah saya mengalami flek atau memang menstruasi ya dok? Mohon penjelasanya terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IM,

Terimakasih atas pertanyaa Anda di SehatQ.

Tidak semua wanita menunjukkan tanda-tanda hamil yang sama. Ini terjadi karena tubuh dan hormon setiap wanita pasti berbeda, sehingga bagaimana bereaksi terhadap perubahan tubuhnya juga akan berbeda.

Beberapa tanda kehamilan yang sering muncul :

  • Terlambat haid
  • Peruabahan payudara dan puting 
  • Keluar bercaak daraah flek coklat pada vagina
  • Nyeri atau kram perut
  • Mudah lemas dan lelah
  • Mual dan muntah
  • Sensitif pada bau
  • Sering buang air kecing

Berdasarkan keterangan flek yang Anda berikan saya tidak bisa memastikan flek tersebut tanda hamil atau bukan, karena tidak ada keterangan warna yang diberikan. Flek yang berwarna coklat dan jumlahnya tidak terlalu banyak, bisa jadi merupakan tanda kehamilan.

Saran saya jika pada bulan berikutnya Anda mengalami terlambat menstruasi, lakukan testpack untuk memastikannya. Tetap menjaga pola makan dengan makan makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter / hari. Dan istrirahat yang cukup. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Porsi makan untuk ibu hamil perlu diperhatikan untuk menjaga kelancaran proses kehamilan

Jangan Sembarangan, Ini Panduan Porsi Makan Saat Hamil

Saat hamil, bukan berarti Anda harus makan 2 kali lipat lebih banyak dari seharusnya. Kenali porsi makan untuk ibu hamil yang tepat berikut ini.