13 May 2021, 14:22Kandungan

Flek setelah haid apakah normal?

RS
Info Penanya: RS0
Selamat siang dok, saya reni usia 29 tahun dan saya belum menikah... Saya mau tanya dok bulan ini kan saya haid mulai tanggal 28 terus tanggal 2 sudah selesai. Setelah itu keluar flek lagi 3 hari. Saya audah berobat ke bidan sudah diberi obat. Saat minumobat fleky berhenti tapi kalau tidak minum obat keluar lagi. Apa itu normal apa tidak ya dokter?
165 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,Flek coklat setelah haid dapat terjadi karena merupakan sisa darah menstruasi maupun karena gangguan hormonal. Jika merupakan sisa dari darah mnestruasi umumnya perdarahan akan semakin lama semakin berkurang hingga akhirnya berhenti sendiri tanpa perlu mengkonsumsi obat. Namun jika selama ini Anda sering mengalami keluhan haid tidak teratur, keluhan flek juga dapat terjadi kerena penyakit PCOS yang disebabkan oleh peningkatan hormon androgen diatas normal sehingga dapat menyebabkan flek.

Mengatasi flek coklat

Sebenarnya keluarnya flek juga dapat terjadi karena tanda kehamilan, penggunaan KB atau infeksi menular seksual namun jika Anda belum pernah melakukan hubungan seksual maka kemungkinan ini dapat disingkirkan. Beberapa kemungkinan lain yang menyebabkan timbul flek adalah stres, penyakit radang panggul. Obat yang Anda konsumsi mungkin adalah obat penghenti perdarahan, selama perdarahan masih ada, obat boleh dilanjutkan hingga 7hari dan tingkatkan frekuensi membersihkan organ intim. Namun jika  flek coklat terjadi selama lebih dari 2 minggu dan tidak berangsur-angsur berkurang maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandunganSalam sehat
dr. Evelin Kwandang
gangguan menstruasiflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil