02 May 2021, 17:27Kandungan

Flek Setelah Haid apakah wajar?

SM
Info Penanya: SM0
Dok, saya perempuan masih di bawah 18 tahun & belum pernah melakukan hubungan seksual. Saya sudah mens seminggu (normal). Selesai mens tanggal 24. Trus tanggal 30 tiba tiba ada flek cokelat. Fleknya sedikit, nggak berbau dan warnanya warna cokelat biasa seperti hari hari terakhir mens. Ini kenapa ya dok? Saya baru pertama kali ngalamin ini. Terima kasih ?
123 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Flek coklat dapat terjadi karena keputihan, maupun hanya karena lonjakan hormon atau keluarnya sisa menstruasi. Flek coklat sebetulnya bisa saja muncul sebelum atau sesudah menstruasi dan merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya.

Beberapa penyebab flek coklat

  • Stres sehingga kadar hormon terganggu
  • Lonjakan hormon karena usia pubertas
  • Kelelahan yang menyebabkan metabolisme terganggu
  • Infeksi (umumnya disertai keluhan gatal atau nyeri pada kemaluan)
Perlu di cari tahu penyebab pasti dari flek coklat yang Anda alami. Jika disebabkan oleh infeksi, umumnya Anda akan mengalami keluhan lain seperti perih atau nyeri saat berkemih, nyeri pada perut bawah, demam, hingga keluhan nyeri pada panggul. Jika terdapat gejala berikut, sebaiknya lakukan pemeriksaan diri ke dokter kandungan. namun jika keluhan tidak disertai gejala lain, dan perdarahan berhenti dengan sendirinya, maka Anda tidak perlu kawatir karena kemungkinan terbesar hanya karena hormon saja dan akan membaik dengan sendirinya. Yang terpenting, jaga asupan nutrisi sehari-hari, hindari stres, dan lakukan olahraga ringan untuk melancarkan metabolisme tubuh dan hormon Anda.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
gangguan menstruasiflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil