Flek setelah haid apakah normal?

WA Info Penanya: WA
Selamat pagi dok saya mau bertanya sebelumnya saya sudah haid selama 1 minggu setelah itu saya ngeflek mulai tgl 8 sampai sekarang apakah bahaya dok dan obatnya apa agar segera berhenti
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, W

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Normalnya saat sedang haid, perdarahan yang muncul bisa beraneka ragam seperti berupa bercak atau sering disebut dengan istilah flek, berupa cair kekentalan, atau bahkan berupa gumpalan. Begitupula dengan warna darah yang muncul, mulai dari berwarna merah, merah kecokelatan, merah kehitaman, coklat, atau bahkan hitam. Perdarahan saat haid ini biasanya dimulai dengan flek, kemudian keluanya darah yang cair dan atau berbentuk seperti gumpalan kemudian diakhiri dengan flek, dan berhenti sebagai tanda berakhirnya masa haid. 

Setiap wanita bisa dikatakan normal bila memiliki siklus haid dengan rentan waktu 21 - 35 hari dan mengalami masa haid selama 3-7 hari. Haid pada wanita sangat dipengaruhi berbagai macam hal, sehingga hal-hal tersenut juga dapat mempengaruhi kondisi haid.

Adapun beberapa hal yang dapat mempengaruhi haid adalah:

Apabila Anda sudah mengalami masa haid selama 1 minggu kemudian mengalami flek sejak tanggal 8 Juli 2020 hingga hari ini (16 Juli 2020), sehingga Anda sudah mengalami flek selama 9 hari + haid 7 hari = 16 hari. Artinya perdarahan Anda tidak normal karena lebih dari 1 minggu dan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti mioma, polip serviks, iritasi serviks, dll.

Hindari stres dan kelelahan, konsumsilah makanan sehat dan bergizi, perbanyak sayur dan buah-buahan, lakukan olahraga ringan agar badan sehat dan bugar, beristirahatlah dengan cukup. Periksakan diri Anda kepada dokter spesialis kandungan terdekat untuk dapat mengetahui penyebab pastinya.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea adalah penyebab wanita tidak haid

Waspadai Amenorrhea, Salah Satu Kondisi Penyebab Tidak Haid

Amenorrhea merupakan salah satu kondisi penyebab wanita tidak haid. Kondisi ini ditandai dengan tak munculnya menstruasi meski sudah memasuki usia pubertas.