Flek setelah selesai haid, apakah wajar?

P Info Penanya: P, Wanita, 16 Tahun
Pagi dok,Saya mengalami flek setelah haid dok, sudah terjadi sekitar satu minggu. Apakah itu wajar atau tidak dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, P.

Haid atau menstruasi ditandai dengan keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari dinding rahim yang luruh karena tidak terjadi pembuahan. Darah yang keluar biasanya diawali dengan bercak kecokelatan, lalu berubah menjadi merah deras, dan berakhir dengan bercak kecokelatan kembali.

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, flek atau bercak pada akhir menstruasi adalah normal, apabila jumlahnya sedikit. Bercak tersebut biasanya akan keluar 1-2 hari setelah haid, dan pada beberapa orang bisa menetap hingga satu minggu. 

Tetapi, apabila bercak tersebut menjadi deras kembali, atau tak kunjung berhenti setelah 14 hari, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dikhawatirkan adanya gangguan lain pada rahim, seperti misalnya PCOS atau kista ovarium.

Untuk sementara, tetap lakukan pola hidup sehat untuk menjaga keseimbangan hormon kewanitaan. Konsumsi cukup buah, sayur, dan makanan yang mengandung protein; minum air putih yang cukup. Selain itu, rutinlah berolahraga dan kendalikan tingkat stres dengan baik.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ukuran payudara bisa berubah dari waktu ke waktu karena berbagai faktor.

Bisa Berubah, Berapa Rata-Rata Ukuran Payudara Perempuan Indonesia?

Ukuran payudara bisa berubah karena banyak faktor. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara mengukurnya dengan tepat.