Flek setelah haid karena apa?

LD Info Penanya: LD, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mens tgl 1 dan tgl 6 saya sudah selesai haid. Tiba"tgl 10 saya keluar flek tpi hanya setetes dan flek itu berlangsung selama 7 hri. tpi hanya sedikit sedikit dok hanya setetes saja. Dan perut juga tidak sakit. Apa yang menyebabkan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi LD,

Timbulnya flek atau perdarahan di luar masa menstruasi adalah gejala yang bisa timbul akibat beragam hal seperti gangguan hormonal, adanya gangguan organ reproduksi seperti tumor jinak di rahim, efek penggunaan kontrasepsi, perdarahan karena perdarahan setelah berhubungan seksual, perdarahan implantasi atau penempelan sel telur yang dibuahi sebagai tanda kehamilan dan juga penyebab lainnya.

Jika sering kali timbul flek atau spotting, ada baiknya untuk dilakuakn pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan untuk diketahui pasti apa penyebabnya. Nantinya penanganan akan diberikan sesuai dengan penyebabnya.

Apabila ada gangguan hormonal maka perlu diperhatikan hal apa yang jadi pemicunya, seperti aktivitas keseharian dan juga kebiasaan sehari-hari mulai dari pola makan, pola tidur dan pola istirahat, stres dan lainnya. Jadi perlu bisa memperbaiki keseharian dan mengelola stres.

Jika nantinya ada permasalahan pada organ reproduksi akan diberikan obat untuk menghentikan perdarahan ataupun dilakukan tindakan apabila ada masalah pada organ reproduksi seperti apabila ada mioma, kista, polip, ataupun gangguan lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.