08 Oct 2020, 10:56Kandungan

Mengapa darah menstruasi hanya sedikit yang keluar?

EM
Info Penanya: EM, Wanita, 20 Tahun
Selamat pagi Dok, saya mau tanya. Saya berumur 20 tahun. terakhir menstruasi tanggal 29 Agustus - 2 September. lalu tanggal 30 Sept kemarin, mulai muncul flek dok. teksturny agak menggumpal tp sangat sedikit volume nya yg keluar. sampai hr ini masih keluar tp tetap sedikit. warna nya cokelat tua. Apa ini termasuk menstruasi kah? Tapi engga ada ciri2 menstruasi spt nyeri perut, nyeri payudara, dsb dok. pure hanya flek gumpal saja. Mohon tanggapan nya dok, Terima Kasih.
1905 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, EMTerima kasih atas pertanyaannya.Menstruasi adalah proses yang pasti dialami oleh semua wanita.  Hanya berbeda pada siklus dan volume yang dikeluarkan. Sebagian besar wanita memiliki siklus menstruasi yang terjadi setiap 28 hari sekali.  Adapun beberapa wanita mengalami setiap 21-35 hari sekali.  Volume yang keluar juga tergantung dari masing-masing wanita.  Secara umum, wanita kehilangan rata-rata 30 - 40 ml darah.  Namun, menstruasi yang lebih sedikit dari itu pun masih dikatakan tidak berbahaya.

Penyebab darah menstruasi yang sedikit :

  • Stress, emosi tidak stabil
  • Olahraga terlalu berat
  • Berat badan kurang
  • Kehamilan
  • Penyakit yang menganggu hormon, sindrom polikistik ovarium, ataupun gangguan tiroid
  • Penggunaan KB
Beberapa kondisi yang dijelaskan di atas kemungkinan akan menganggu dari menstruasi baik secara waktu maupun volume yang dikeluarkan.  Dan ternyata apabila menstruasi lebih sedikit, biasanya akan mengurangi adanya tanda-tanda pre-menstruasi (PMS).Untuk sementara ini, usahakan untuk mengurangi aktivitas terlalu berat, hindari stress dan beban pikiran, jaga berat badan yang cukup, olahraga ringan teratur, serta memperbanyak konsumsi makanan yang bernutrisi.Apabila menstruasi yang sedikit ini berulang di bulan-bulan berikutnya atau ada keluhan nyeri panggul, ada baiknya lakukan pemeriksaan di dokter kandungan, sehingga penanganan bisa lebih tepat.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil