25 Mar 2021, 15:51Kandungan

Flek saat ovulasi, apa penyebabnya?

YZ
Info Penanya: YZ0
Selamat sore dok Saya ingin bertanya, saya fanya 21th belum menikah. beberapa hari lalu Adalah masa ovulasi saya tapi tiba-tiba saya keluar cairan seperti flek darah dari vagina saya. Padahal biasa nya tidak pernah seperti ini dan ini sudah hari ke tiga saya flek. Itu kenapa yah dok? Terimakasih.
208 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, YZ.Ovulasi adalah puncak masa subur. Pada saat ovulasi, sel telur dilepaskan dan siap untuk dibuahi. Biasanya, ovulasi jatuh pada 14 hari sebelum haid selanjutnya.

Ciri-Ciri Ovulasi

Ciri-ciri seorang wanita yang mengalami ovulasi adalah:
  • lendir rahim mengental
  • payudara terasa lebih lunak
  • suhu tubuh meningkat
  • perut terasa penuh dan kembung
  • gairah seksual meningkat
Selain gejala-gejala tersebut, terkadang seorang wanita juga mungkin mengalami flek kecokelatan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen. Biasanya, flek ini akan dialami sekitar 1-5 hari, mulai dari saat masa subur dimulai hingga mencapai ovulasi.Apabila flek yang Anda alami tidak disertai dengan nyeri perut dan kelelahan, maka coba pantau dulu kondisi ini. Disarankan untuk minum air putih yang cukup, guna menggantikan cairan yang terbuang. Upayakan juga untuk selalu menjaga kebersihan vagina dengan rutin mengganti pembalut saat darah sudah penuh.Apabila nantinya perdarahan lebih dari lima hari, atau tiba-tiba ada rasa lemas dan pingsan; segera periksakan ke dokter kandungan ya. Dikhawatirkan ada penyebab lain yang tidak berhubungan dengan ovulasi, misalnya PCOS atau kista. Perlu dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikannya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
masa suburflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil