flek saat hamil muda

N Info Penanya: N, Wanita, 30 Tahun
Dokter saya ingin bertanya..tgl 27 Juli 19 saya cek kehamilan dan ternyata saya hamil usia 4 weeks..kemudian saya mengalami flek..sekitar tgl 19 agustus saya cek ke dojter yg berbeda karena dekat dari rumah..dan hitungan dokternya saya baru 6 weeks..jadi berbeda dengan dokter sebelumnya hitungannya harusnya 19 aug sudah 8 weeks..fleknya sudah hampir seminggu..berwarna merah tapi tidak sampai full di pembalut..hanya kalau pipis dan berdehem saja..apakah aman dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N

Untuk konfirmasi usia kehamilan dapat di hitung dari hari pertama haid terakhir, cara lain juga dapat melalui ultrasonografi dengan mengukur kantung gestasi, intrepretasi melalui ukuran kantung gestasi dapat berbeda tergantung operator dan mesin usg, namun biasanya tidak jauh berbeda. 

Jika terdapat flek merah selama hamil muda dapat menjadi tanda bahaya, hal yang paling ditakutkan adanya flek merah selama hamil muda adalah ancaman keguguran dan kehamilan ektopik. 

Jika terdapat flek merah sebaiknya anda melakukan tirah baring total dengan tidur di tempat tidur, tidak boleh banyak berjalan atau aktivitas, tidak boleh mengangkat berat. Jika flek yang keluar semakin banyak dan disertai nyeri perut sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kandungan Sp.OG karena terdapat ancaman keguguran. 

Salam sehat

dr.Zulham

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sayuran hijau kaya akan nutrisi zat besi untuk penuhi kebutuhan harian agar terhindar dari anemia pada ibu hamil

Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib dipenuhi Untuk Cegah Anemia

Anemia pada ibu hamil bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Namun nutrisi ibu hamil yang tepat dapat membantu Anda mencegah atau mengobatinya. Penuhi kebutuhan zat besi pada ibu hamil yang dapat mencegah terjadinya anemia.