Flek saat hamil muda, normalkah?

A Info Penanya: A, Wanita
Siang semua,,,saya mau bertanya apakah aman jika hamil muda suka flek kecoklatan,,pdhl usia kandungan baru 5 weeks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Hamil saat bulan puasa mungkin menjadi tantangan bagi Anda. Apalagi, ketika kondisi kandungan Anda baru berusia lima minggu. Dari sejak mengetahui bahwa diri Anda hamil, pasti Anda ingin menjaga kandungan dengan baik. Oleh karena itu, mungkin saja Anda merasa cemas atau takut ketika mengalami flek. Perlu Anda ketahui bahwa flek bisa saja disebabkan oleh hal yang normal. Tetapi, pada beberapa kasus, flek memang perlu menjadi perhatian khusus.

Berikut adalah penyebab flek pada masa kehamilan muda:

  • Perdarahan implantasi, yaitu ketika embrio menanamkan dirinya di dinding rahim. Flek biasanya akan berlangsung maksimal tiga hari.
  • Perubahan mulut rahim dan kondisi hormon tubuh
  • Iritasi leher atau mulut rahim pasca melakukan hubungan seksual
  • Hamil anggur
  • Keguguran

Apabila flek yang Anda alami hanya sedikit dan tidak disertai gejala apapun, Anda bisa beristirahat di rumah. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat. Selalu konsumsi makanan bergizi dan air putih yang cukup, serta rutin meminum suplementasi yang sesuai bagi ibu hamil.

Jika flek tak kunjung reda atau disertai dengan nyeri perut bawah, kram, demam, keputihan abnormal, atau mengeluarkan gumpalan darah, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lanjutan seperti USG, ya. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu mitos kehamilan yang tidak dapat dipercaya adalah makan nanas dapat mengakibatkan keguguran

Bumil Jangan Percaya dengan 5 Mitos Kehamilan yang Tidak Terbukti Ini

Ada banyak mitos kehamilan yang tidak seharusnya dipercaya dan justru bagus jika dilakukan dengan benar, seperti mengonsumsi nanas secukupnya dan melakukan hubungan seksual saat hamil.