Flek pra mens atau hamil?

IF Info Penanya: IF, Wanita, 1 Tahun
dok saya mau tanya semalam saya berhubungan dengan suami dan keluar diluar kemudian paginya muncul flek seperti akan mens dan memang jadwal mens sudah dekat apakah itu tanda hamil atau akan mau mens
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IF,

Implantasi adalah perdarahan yang muncul sebagai proses penempelan janin ke rahim, yang biasanya terjadi pada hari ke 6-12 setelah berhubungan seksual.

Bila keluar flek keesokan harinya setelah berhubungan seksual, maka kemungkinan besar flek darah tersebut hanya darah haid biasa atau adanya iritasi serviks saat penis penetrasi ke dalam vagina terlalu dalam, bukan flek tanda implantasi.

Kemungkinan terjadinya kehamilan juga lebih kecil karena:

  • Berhubungan seksual bukan di masa subur Anda.
  • Sperma dikeluarkan di luar vagina.
  • Anda mengalami flek keesokan harinya.

Bila hari-hari berikutnya keluar darah seperti biasa ketika haid, maka Anda memang tidak hamil. Namun bila hanya flek 1 atau 2 hari saja, maka sementara waktu hindari berhubungan seksual, dan banyak minum air putih.

Bila Anda ingin menunda kehamilan, maka sebaiknya Anda menggunakan KB agar tidak perlu cemas. Anda bisa memilih mau menggunakan pil KB, suntik KB, pasang implan atau IUD.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila darah yang keluar sangat banyak, ada kram perut tidak seperti haid pada umumnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi prematur biasanya tumbuh lebih lambat daripada bayi normal

Kelahiran Prematur: Faktor Penyebab, Gejala, dan Ancaman Bahayanya

Kelahiran prematur adalah proses persalinan yang terjadi saat kandungan memasuki usia 20 minggu dan belum memasuki 37 minggu. Bayi prematur biasanya tumbuh lebih lambat daripada bayi normal