flek paru sudah sembuh saat ini sakit pernafasan lagi apakah bisa flek paru lagi

BU Info Penanya: BU, Wanita, 2019 Tahun
dok anak saya lagi berusia 6bln terkena flek paru paru, selama dirawat fleknya SDH ilang kata dokter yg ditangganin nya flek nya SDH ilang jdi jth nya radang paru klw flek nya TDK ilang Bru TBC tp skrng usia ank sya skrng 14bln blm lma dya sakit pernafasannya nyesek apakah bsa terjadi flek paru-paru lgi dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam BU

Penyakit flek paru atau infeksi tuberkulosis paru terjadi akibat masuknya kuman M.tuberkulosis ke paru. Infeksi paru ini menyebabkan batuk kronik disertai sesak nafas, demam dan penurunan berat badan.

Pada dasarnya tatalaksana flek paru/ TBC adalah menggunakan obat tuberkulosis yang di minum lama 6 bulan bahkan selama 1 tahun. Jika flek paru telah sembuh dan anak mengalami infeksi saluran pernafasan lagi yang menyebabkan sesak nafas bisa jadi karena infeksi pneumonia / bakteri di paru dan bisa juga bersamaan infeksi TBC tersebut relaps atau kumat lagi. 

Anak yang pernah terkena flek biasanya memiliki faktor resiko seperti orang tua atau sekitarnya memiliki batuk kronik dan menderita TBC juga sehingga menjangkiti anak. Selain itu kuman TBC dapat dorman atau tidak aktif pada jaringan paru yang sewaktu-waktu dapat kambuh jika imunitas turun. 

Untuk memastikan tersebut biasanya anak menjalani foto rontgen dengan tanda infiltrat di apex, adanya penurunan berat badan, sesak nafas, batuk kronik lebih dari 2 bulan, adanya benjolan di leher atau ketiak, serta masih adanya orang sekitar anak yang menderita TBC. Jika tanda tersebut bisa saja anak anda mengalami TB kambuh/relaps.

Saran saya anak anda harus menjalani pemeriksaan oleh dokter Spesialis Anak dahulu untuk memastikan adanya flek atau tidak. Selain tu upayakan menjaga kesehatan anak dengan mengkonsumsi makann bergizi, hindari asap rokok di dekat anak, hindari paparan debu, jika ada orang disekitar anak yang memiliki TBC harap segera di hindari dan di obati.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.