12 Nov 2021, 02:57Kandungan

Flek merah kecoklatan, apakah tanda hamil?

AK
Info Penanya: AK0
S.pagi dok..dok sya mau tanya keamrin kan tgl 2 kan sy keluar flek merah kecoklatan..apakah itu bertanda hamil atau tidak..soalnya setiap kali sy berhubungan intim sperma suami sy tidak dimasukin kedalam
41 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ATerima kasiha tas pertanyaan AndaFlek merah kecoklatan yang keluar dari vagina bisa terjadi karena darah haid, atau karena kondisi medis lain terkait dengan kesehatan reproduksi wanita. Selain itu, keluhan ini juga bisa disebabkan oleh perdarahan implantasi pada awal kehamilan. 

Perdarahan implantasi

Perdarahan implantasi adalah suatu perdarahan yang terjadi karena menempelnya calon janin (hasil pembuahan sel telur oleh sperma pria) pada dinding rahim. Umumnya perdarahan implantasi ini terjadi pada 6 - 12 hari setelah terjadi proses pembuahan. Ciri-ciri perdarahan implantasi adalah perdarahan hanya berupa flek, tidak ada gumpalan, tidak disertai dengan nyeri perut,berwarna merah terang atau kecoklatan, darah yang keluar hanya sedikit dan hanya terjadi beberapa jam saja atau paling lama 3 hari.

Flek darah bukan tanda pasti kehamilan, adapun tanda pasti kehamilan adalah:

  • Hasil pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter
  • Hasil tes kehamilan atau test pack yang bisa dilakukan secara mandiri 
  • Hasil pemeriksaan fisik dan diagnostik dokter

Kondisi lain yang bisa menyebabkan flek merah kecoklatan adalah:

  • Sisa darah haid sebelumnya
  • Darah haid
  • Infeksi pada vagina
  • Gangguan hormon
  • Efek pemakaian KB
  • Infeksi penyakit menular seksual
  • Kondisi medis lain pada kesehatan reproduksi wanita
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, untuk memastikan apakah hamil atau tidak sebaiknya lakukan tes kehamilan. Jika hasilnya negatif, Anda bisa melakukan test pack ulang dengan jeda 7 hari kemudian. Konsumsi makanan bergizi, jaga berat badan tetap ideal, hindari kelalahan, lakukan istirahat cukup dan hidnari melakukan seks bebas. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk tatalaksana lebih lanjut.Anda juga bisa membaca forum kami yang lain terkait dengan flek merah kecoklatan dan tanda hamil di bawah ini:Keluar bercak darah, apakah ini tanda hamil?Apakah flek darah merupakan tanda hamil?Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekssekshamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil