06 Feb 2021, 15:38Kandungan

Apa yang menyebabkan muncul flek kecoklatan hingga 12 hari ?

Y
Info Penanya: Y0
Halo dok, jadi dok dulu siklus menstruasi saya itu tidak lancar.. Pernah 3bulan nggak keluar haid, tapi akhir2 ini Alhamdulillah normal. Tapi dok dibulan ini saat jatuh tempo hari haid saya keluarnya hanya flek coklat aja dok, biasany saya kalau haid pertama memang keluar flek 3harian trus keluar darah haidnya seperti biasa, tapi kali ini keluar fleknya lama, sekali warna coklatnya agak gelap dan itu keluar sampe sekitar 12harian dok. Jadi itu gimana ya dok? Mohon jawabannya, terimakasih
486 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Y.Siklus menstruasi wanita yang tidak teratur banyak sekali menjadi keluhan utama pada wanita usia reproduksi. Dimana siklus haid ini jauh mundur dari siklus haid normal, maupun haid menjadi datang lebih cepat dari jadwal seharusnya. Gangguan haid dapat pula berupa muncul flek kecoklatan dimana flek kecoklatan dapat terjadi sebelum menstruasi berlansung, atau setelah menstruasi selesai. Flek kecoklatan juga dapat terjadi di antara kedua periode menstruasi.

Apa yang menyebabkan muncul flek kecoklatan hingga 12 hari ?

Flek kecoklatan yang terjadi pada Anda hingga 12 hari lamanya dapat merupakan tanda sebuah gejala premenstrual sindrome (PMS), atau berupa menstruasi yang berlangsung dengan jumlah lebih sedikit. Flek kecoklatan juga dapat disebabkan oleh gangguan hormon esterogen dan progesteron dimana Anda menggunakan alat kontrasepsi, sedang dalam kondisi stress, tubuh yang tidak fit, berat badan tidak ideal, rasa lelah, beban pikiran yang menumpuk.Beberapa penyakit juga dapat mengganggu keseimbangan hormon antara lain kekurangan yodium yang menyebabkan hipotiroid, dan penyakit polikistik ovarium sindrome dimana ukuran sel telur yang dihasilkan lebih kecil dari seharusnya.Jika siklus haid Anda tidak kunjung tertaur, flek kecoklatan terus berlanjut, timbul rasa nyeri perut hebat, lakukan pemeriksaan USG baik lewat abdominal, maupun secara transvaginal di dokter spesialis kandungan. Ubah pola hidup menjadi pola hidup sehat, agar hormon kembali seimbang.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)flek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil