11 Dec 2020, 17:52Kandungan

Timbul flek kecoklatan setelah haid, apakah normal?

GH
Info Penanya: GH, Wanita, 1 Tahun
Saya haid tgl 29 november sampai tgl 2 desember. Biasa nya berlangsung selama 1 minggu. Tetapi ini hanya haid 3 hari. Lalu di tgl 11 ini saya muncul flek bercak kecoklatan dok, dan perut saya bagain bawah terasa panas, kram dan kembung
426 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, G.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Berbagai macam keluhan haid yang dirasakan oleh wanita. Kurangnya pemahaman tentang siklus menstruasi, jumlah, dan lamanya durasi haid membuat keluhan ini semakin banyak. Proses menstruasi pada wanita berbeda-beda dan tidak mesti sama tanggal datangnya setiap bulan.Lamanya haid dapat berlangsung sekitar 3 hingga 7 hari. Haid yang Anda alami selama 3 hari termasuk durasi haid yang normal terjadi. Siklus menstruasi setiap wanitapun berbeda-beda, ada yang memendek dan ada yang memanjang. Siklus normal haid sekitar 21 hingga 35 hari.

Penyebab flek kecoklatan

Penyebab flek kecoklatan yang Anda alami dapat disebabkan oleh :
  • Keputihan karena infeksi jamur dapat memberikan gambaran vagina mengeluarkan cairan berwarna putih seperti susu yang lengket dan bergumpal-gumpal dengan bau amis dan rasa gatal. Keputihan ini dapat bercampur dengan darah dan keluar sebagai flek kecoklatan.
  • Keputihan karena infeksi bakteri pasca berhubungan seksual.
  • Infeksi saluran kemih yang memberikan gejala nyeri perut bagian bawah, sakit dan perih saat berkemih, kencing berwarna kemerahan dan keruh, dapat diikuti demam.
  • Gangguan siklus menstruasi yang memendek sehingga terjadi menstruasi lagi dalam jumlah yang sedikit.
  • Penggunaan KB IUD dapat menyebabkan flek kecoklatan akibat perlukaan dan pergeseran alat IUD.
Yang dapat Anda lakukan adalah dengan beristirahat, menghindari menganggkat beban yang terlalu berat, tidak berhubungan seksual selama flek, menerapkan pola hidup yang sehat, menjaga berat badan agar tetap ideal, hindari makanan dan minuman yang tidak baik, serta olahraga secara konsisten agar metabolisme tubuh dan hormon selalu seimbang.Jika flek kecoklatan terus berlanjut diikuti rasa nyeri yang tidak tertahankan, panas dan sakit saat berkemih, dan demam secara tiba-tiba, maka lakukan pemeriksaan urin di dokter.Semoga bermnafaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil