25 May 2021, 22:23Kandungan

Apa perbedaan tanda akan haid dengan tanda sebuah kehamilan ?

LL
Info Penanya: LL, Wanita, 19 Tahun
selamat mlm dok saya mau tanya,saya telat haid 2minggu,dan hari ini saya mengalami gejala seperti mau haid yaitu kaki pada pegal,vagina trasa nyeri&keluar bercak kecoklatan,lalu stelah itu bercak kecoklatan&vagina tidak terasa nyeri &kaki tidak terasa pegal llgi,apakah itu pertanda ingin haid/kehamilan? terimaksi dok.
77 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, L.Telat haid dapat dialami oleh setiap wanita bahkan yang belum berhubungan. Telat haid rancu dengan tanda kehamilan terutama saat wanita menggunakan alat kontrasepsi yang menganggu siklus haid. 

Apa perbedaan tanda PMS dan tanda kehamilan ?

Tanda premenstrual syndrome (PMS) dan tanda kehamilan kadang susah dibedakan. PMS merupakan gejala yang dirasakan wanita sebelum datangnya haid. Namun tidak semua wanita dapat mengalaminya.Beberapa perbedaan PMS dan tanda kehamilan yang dapat dirasakan wanita antara lain :
  • Lamanya nyeri perut saat PMS bisa dialami sebelum haid terjadi, hingga 1 sampai 2 hari haid berlangsung. Nyeri perut hamil dapat lebih ringan dan dirasakan hilang timbul.
  • Keputihan berwarna coklat pada PMS diikuti dengan darah menstruasi, sedangkan saat hamil, hanya berupa flek tanpa diikuti perdarahan.
  • Warna flek cenderung kecoklatan saat PMS, dan berwarna lebih terang saat hamil.
  • Nyeri payudara saat PMS lebih ringan dibanding hamil dimana payudara terasa lebih sensitif dan membesar.
  • Nafsu makan meningkat pada PMS tanpa disertai "ngidam".
  • Saat hamil Anda akan lebih sering berkemih dibanding gejala PMS.
Namun untuk pemeriksaan pasti terkait keluhan Anda, Anda dapat melakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack dimana urin diambil saat pagi hari, ketika konsentrasi urin lebih pekat. Pemeriksaan juga dapat diulang saat hasil masih meragukan, samar, negatif walau sudah ada tanda kehamilan lainnya. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan USG jika ingin hasil yang lebih akurat di dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
siklus haidpremenstrual syndrome (PMS)pemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil