Flek hitam pada wajah akibat perubahan hormon setelah melahirkan

YS Info Penanya: YS, Wanita, 29 Tahun
Hai Dokter,Mohon bantuannya untuk cara menghilangkan flek hitam (kokoloteun) yang kemungkinan karena perubahan hormon setelah melahirkan. Saat ini saya sedang KB suntik tiap bulan.Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu YS

Timbulnya flek hitam diwajah dapat timbul oleh pemakaian KB hormonal seperti KB suntik, KB pil dan susuk KB. Pemicu timbulnya flek hitam ini  karena terpapar dengan sinar ultraviolet yang umumnya berasal dari sinar matahari.

Adanya flek hitam pada wajah dapat menyebabkan timbulnya rasa tidak percaya diri, terutama pada wanita. Oleh sebab itu sangat penting untuk diobati dan dihilangkan.

Untuk menghilangkan flek hitam pada wajah dapat dilakukan dengan cara alami contohnya dengan rutin dua kali dalam seminggu  memakai masker bengkoang, masker mentimun dan masker jeruk nipis atau lemon.

Cara lainnya yaitu dengan memakai obat-obatan berupa krim dan serum yang akan diresepkan oleh Dokter Spesialis Kulit khusus estetika. Ibu dapat mengunjungi Klinik – Klinik Kecantikan yang memiliki Dokter Spesialis Kulit estetika dan akan diperiksa lebih lanjut.

Hal penting juga yang harus dilakukan adalah menghilangkan penyebab timbulnya flek hitam pada wajah yaitu dengan mengganti alat KB hormonal dengan spiral atau kondom. Juga memakai tabir surya, topi dan payung bila beraktifitas diluar ruangan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menghadapi stres di tempat kerja dapat dilakukan dengan mengidentifikasi diri terlebih dahulu

3 Cara Menghadapi Stres di Tempat Kerja

Menghadapi stres di kantor merupakan persoalan yang rumit. Anda perlu mengidentifikasi diri sendiri dengan beberapa pertanyaan untuk memastikan Anda stres atau tidak, kemudian cobalah untuk bercerita dan bersantai.