Flek-flek setelah menstruasi apakah wajar?

H Info Penanya: H, Wanita, 22 Tahun
Dok, saya mau cerita. Saya kemarin menstruasi selama seminggu. Normal sih, siklusnya juga teratur. Jeda 1 hari, saya berhubungan dengan suami .Eh tiba2 lima hari kemudian saya mengalami flek2 gitu. Darahnya kecoklatan agak gelap dan kadang cuma sedikit banget selama seharian itu. Cuma seperti 1 tetes gitu. Apakah itu wajar?? Ataukah berbahaya???Sudah seminggu ini flek tak kunjung henti. Ataukah ada hubungannya dengan jahitan pasca melahirkan. Saya melahirkan tgal 27 januari 2019.Mohon pencerahannya dok. Terimakasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HS,

Keluarnya flek dari kemaluan diluar masa menstruasi dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:

  • Iritasi atau luka pasca berhubungan seksual salah satunya karna vagina kering
  • Tanda kehamilan dimana flek keluar sekitar 1 minggu setelah pembuahan ketika sel telur yang sudah dibuahi menempel di dinding rahim
  • Efek samping alat kontrasepsi
  • Gangguan hormonal
  • Gangguan pada organ reproduksi seperti adanya tumor jinak dan lainnya

Untuk itu perlu diperhatikan gejala lain yang timbul, jika ada tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah, kelelahan, terlambat haid di bulan berikutnya, merasa mood berubah-ubah, payuadara menjadi lebih sensitif, ada baiknya untuk dapat melakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan menggunakan testpack atau memeriksakan diri pada dokter untuk memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara alami seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas dapat membantu menghentikan haid yang berkepanjangan

5 Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan, Wanita Wajib Tahu

Periode haid umumnya berlangsung selama 2-7 hari. Jika periode berlangsung lebih lama atau menimbulkan nyeri yang berlebihan, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk membantu memperpendek periode haid seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas yang terbukti mengandung analgesik dan antiperadangan.