11 Jul 2020, 18:36Kandungan

Flek apa efek postinor 2?

SU
Info Penanya: SU, Pria, 22 Tahun
menurut kalender menstruasi terakhir haid tgl 9juni, dan jadwal haid pasangan saya seharu tgl 10juli. Tp kami berhubungan di tgl 9juli jam 11.an siang, tp tdk sadar masuk apa enggak cairan spermanya. Tgl 10juli jam 11an minum pil darurat postinor satu tablet, dan setelah minum beberapa menit kemudian langsung pusing dan tgl 11 Juli keluar flek. Dan tgl 11 Juli jam 11an kembali minum postinor 1 tablet. Flek yg pasangan saya keluarkan itu flek Krn mau haid/efek postinor2/flek tanda kehamilan dok ?
4234 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang SU,Masa subur adalah masa di mana sel telur dilepaskan dan siap dibuahi. Bila sudah terjadi haid, maka sel telur akan ikut luruh dan tidak bisa terjadi kehamilan dengan catatan setelah haid Anda tidak melakukan petting atau berhubungan seksual.Idealnya masa subur ini terjadi sekitar 2 minggu setelah HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir), jadi dihitung sejak hari pertama haid, bukan hari terakhir haid selesai. Bila HPHT Anda tanggal 9 Juni, maka dengan anggapan siklus haid 30 hari, maka masa subur Anda ada di rentang tanggal 22-26 Juni. Bila Anda berhubungan seksual di masa tersebut maka kemungkinan terjadinya kehamilan lebih besar. Diluar masa itu akan kecil kemungkinan untuk terjadinya kehamilan.Perihal postinor 2 sebagai pil kontrasepsi darurat maka idealnya pil ini diminum segera setelah berhubungan seksual, dan maksimal sebelum 72 jam setelah berhubungan seksual. Pil kedua harus diminum 12 jam setelah minum pil yang pertama, bukan 24 jam. Dan perlu diketahui pil ini tidak untuk diminum secara rutin.

Efek samping pil kontrasepsi darurat bisa berupa:

  • Mual muntah.
  • Pusing.
  • Perdarahan. Bisa muncul flek atau perdarahan 2-3 hari setelah meminum pil.
  • Payudara terasa lebih tegang.
Selain kehamilan, terlambat haid juga bisa akibat stres, kelelahan, berat badan tidak ideal, PCOS, dll. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila dalam 3 bulan tetap belum haid, dan jalankan pola hidup sehat dengan cara banyak makan sayur dan buah, olahraga secara teratur, dan tidur secara teratur jangan bergadang.Salam sehat,dr. Vina
gangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil