Muncul flek darah saat menggunakan KB implan, apa penyebabnya?

KA Info Penanya: KA, Wanita, 30 Tahun
malam dok,, saya pakai KB implan, setelah pasang implan saya 1 tahun tidak menstruasi,, memasuki tahun kedua ini saya ada flek atau bercak darah kehitaman,, sudah 3 minggu berturut2 dan jika d runut ini flek keluar setelah 2 hari berhubungan badan dengan suami. Apakah ini berbahaya dok? Saya harus bagaimana ya? Karena fleknya lumayan lama dan jumlahnya banyak seperti menstruasi,,Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KA.

Implan adalah salah satu jenis kontrasepsi hormonal jangka panjang, yang berbentuk seperti tabung berukuran kecil. Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan implan ke bawah kulit bagian lengan atas. Setelah dimasukkan, hormon yang terkandung dalam implan akan menyebar ke dalam darah, dan mengubah hormon alami tubuh, sehingga kehamilan tidak dapat terjadi.

Tetapi, karena hormon alami tubuh berubah, maka akan ada efek samping yang timbul, misalnya siklus menstruasi yang tidak teratur. Kondisi yang Anda alami, yaitu tidak haid selama satu tahun, adalah efek samping penggunaan kontrasepsi tersebut. Selain itu, efek samping lainnya adalah nyeri pada payudara atau bagian tubuh lain, perubahan nafsu makan, berkurangnya gairah seksual, dan lain-lain.

Penyebab Flek Darah

Apabila setelah dua hari berhubungan intim Anda mengalami flek darah selama beberapa hari dengan jumlah cukup banyak, maka bisa saja itu darah menstruasi yang akhirnya datang. Selain itu, kemungkinan lainnya adalah:

  • Adanya luka yang cukup parah akibat penetrasi yang terlalu dalam saat berhubungan
  • Polip pada vagina atau mulut rahim
  • Kanker serviks

Apabila darah tidak berhenti selama 14 hari, atau disertai dengan rasa lemas dan pusing, sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti laboratorium, USG rahim, inspekulo, dan lain-lain yang dibutuhkan. Setelah diketahui penyebabnya, dokter mungkin akan menyarankan obat atau tindakan tertentu yang sesuai dengan diagnosisnya.

Untuk sementara, hindari berhubungan intim terlebih dahulu sampai perdarahan benar-benar berhenti. Minum air putih yang cukup, dan konsumsilah makanan bergizi yang kaya akan zat besi, misalnya sayur bayam atau daging merah. Jangan lupa untuk juga menjaga kebersihan alat kelamin, dengan mengganti pembalut secara teratur dan membasuh vagina dengan air bersih setiap habis buang air. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

bagaimana cara memakai kondom yang benar sebelum seks

Cara Memakai Kondom yang Benar Agar Tidak Hamil dan Tertular Penyakit Kelamin

Agar tidak "kebobolan" hamil, pakailah kondom saat berhubungan seks. Kondom juga bisa cegah risiko tertular penyakit. Bagaimana cara memakai kondom yang benar?