Keluar flek disertai nyeri payudara

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Malam dok, saya mau bertanya...Kemarin saya haid tgl 3 selesai tgl 7 .. sehari setelah bersih haid . Masih keluar flek darah berwarna merah muda dan putih telur, tadi saya berhubungan intim , lalu keluar flek darah setetes dan encer , disertai nyeri payudara .. sedangkan jadwal haid saya kira2 masih 10 hari lagi . Nyeri payudara sudah 3hari yg lalu.. kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

Keluar flek darah dari vagina adalah hal normal yang dialami wanita, apabila dalam masa haid. Tetapi, jika di luar masa haid, maka hal tersebut dapat mengindikasikan adanya gangguan hormon atau penyakit lain yang sedang dialami. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, baik yang ringan maupun cukup serius.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan flek darah dari vagina adalah:

  • Bercak implantasi, yaitu ketika embrio (bakal janin) melekat di dinding rahim
  • Luka yang disebabkan karena penetrasi terlalu dalam saat berhubungan seksual
  • Polip di liang vagina
  • Kista ovarium
  • Sindrom ovari polikistik
  • Kondisi stres psikologis
  • Infeksi menular seksual

Sedangkan nyeri payudara adalah sensasi tidak nyaman pada payudara, yang kerapkali juga dialami saat hormon tubuh tidak seimbang. Misalnya, pada saat PMS (akan haid), ovulasi, maupun saat kehamilan. Apabila disertai benjolan, maka bisa juga disebabkan oleh tumor atau kanker.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, keluarnya flek darah disertai nyeri payudara bisa disebabkan oleh satu atau lebih kondisi di atas. Untuk saat ini, Anda dapat memantau dulu kondisi Anda sambil menunggu sampai jadwal haid tiba. Apabila setelah mengalami haid, keluhan menghilang, maka hal ini adalah akibat fluktuasi hormon sementara.

Tetapi apabila keluhan tak kunjung menghilang, segera periksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan apabila Anda mengalami hal-hal berikut:

  • Flek darah yang deras lebih dari 14 hari
  • Flek darah disertai dengan kram perut hebat
  • Nyeri payudara disertai benjolan yang semakin membesar
  • Keluar cairan berupa nanah dari payudara

Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan seperti USG rahim, USG payudara, maupun inspekulo jika dibutuhkan. Kemudian, akan diberikan terapi yang sesuai untuk Anda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu kondisi yang ditandai dengan flek cokelat adalah kehamilan

Ini Penyebab Keluar Flek Cokelat saat Tidak Haid

Flek cokelat adalah keputihan bercampur darah yang biasanya tidak berbahaya, namun bisa juga mengindikasikan penyakit tertentu. Berikut beberapa kondisi yang diindikasikan dari munculnya flek cokelat.