11 Mar 2021, 17:57Kandungan

Seperti apa haid yang normal?

DA
Info Penanya: DA0
Sore dok mau nanya,tgl 1 kemarin sya selesai halangan. Dan sya mengalami flek berwarna coklat di tgl 9 dan 10. Di tanggal 10 sore flek berubah menjadi warna merah seperti darah halangan. Dan di hari ini darah yg flek atau darah yg keluar rumahan banyak seperti halangan. Hanya saja kadang warnanya kecoklatan dan kadang merah seperti halang. Mohon bantu penjelasannya dok.
185 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, DTerima kasih atas pertanyaan AndaHaid adalah perdarahan yang keluar dari vagina dan rutin terjadi pada wanita karena pengaruh dari hormon tubuh wanita dan juga organ reproduksi. Secara normal haid terjadi selama 3 - 7 hari dengan siklus haid berkisar 21- 35 hari yang dihitung sejak hari pertama haid terakhir sampai dengan hari pertama haid kembali pada periode berikutnya. Perdarahan haid yang normal bisa berupa flek atau bercak, cair kekentalan, atau bahkan berupa gumpalan. Warna darah yang keluar pada saat haid bisa dikatakan normal bila berwarna merah, merah kecoklatan, ataupun merah kehitaman.

Beberapa kondisi yang bisa mempengaruhi haid wanita adalah:

  • Stres
  • Kelelahan fisik akibat olahraga berlebih atau aktivitas berlebih
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Ketidaksiembangan hormon dalam tubuh
  • Efek dari pemakaian suntik KB, IUD atau KB jenis lainnya
  • PCOS
  • Penyakit pada organ reproduksi
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, haid yang tidak teratur dan atau perdarahan haid yang terjadi tidak lancar, salah satunya bisa disebabkan oleh beberapa kondisi yang tercantum di atas. Jika kondisi ini terjadi berulang dan atau disertai dengan berapa keluhan penyerta seperti perut bawah terasa sakit, demam, keputihan yang berbau tidak sedap, dan lain sebagainya lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Agar siklus haid lancar dan kesehatan organ reproduksi tetap terjaga hindari lah melakukan seks bebas, konsumsi makanan yang bergizi, konsumsi sayur dan buah-buahan, minum air cukup, atasi stres, istirahat cukup, pastikan berat badan Anda ideal, jaga kebersihan area kewanitaan dan berolahragalah denga rutin.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil