12 Jun 2020, 19:11Kandungan

Flek darah dan menstruasi tidak teratur, apa penyebabnya?

RT
Info Penanya: RT0
Selamat malam dok.Umur saya 19thn minggu lalu saya mestruasi.Dan seminggu kemudian selesai Lalu selang 2 hari saya mendapati flek/bercak darah dan setelah saya telurusi melalui bidan katanya itu normal di karenakan strees berlebih dan hormon yang tidak stabil.Lalu selang 3 hari flek itu hilang dan kemudian saya kembali melaksanakan shalat seperti biasanya.Lalu selang 2 hari flek/bercak darah kembali muncul apa itu normal ?
14893 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, RTTerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus menstruasi pada wanita normal terjadi 21 - 35 hari dengan rata-ratanya wanita mempunya siklus 28 hari. Jenis perdarahan yang muncul pada saat menstruasi juga beragam, bisa berupa bercak, darah yang cair, darah cair kekentalan, atau bahkan berupa gumpalan. Begitu pula dengan warna darah menstruasi, mulai dari merah, merah kecoklatan, coklat atau bahkan berwarna kehitaman. Seorang wanita dikatakan normal bila mengalami menstruasi selama 2 - 14 hari dengan rata-rata wanita mengalaminya selama 3-7 hari.

Penyebab Terlambat Menstruasi

Selain karena kehamilan, terdapat beberapa kondisi yang bisa menyebabkan terlambatnya siklus menstruasi. Adapun beberapa hal tersebut adalah:
  • Kelelahan
  • Stres
  • Masalah hormonal
  • Masalah pada organ reproduksi wanita
  • Obesitas atau berat badan berlebih
  • Perubahan erat bedan yang mendadak
  • Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi yang ebrsifat hormonal (suntik KB, pil kb, ddan sebagainya)
  • PCOS
Terkait dengan keluhan yang saat ini Anda rasakan, salahsatunya bisa disebabkan oleh beberapa hal yang sudah disebutkan. Flek yang hilang timbul bisa saja merupakan hal yang tidak normal akibat dari beberapa kondisi medis. Usahakan anda menghindari stres, menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi kebtuhan cairan harian Anda, lakukan olahraga ringan agar badan sehat. Selain itu usahakan untuk beristirahat dengan cukup serta hindari kelelahan.Bila keluhan tidak membaik, disarankan untuk segera memeriksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang bila diperlukan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil