Flek coklat tapi tidak menstruasi, apakah normal?

SB Info Penanya: SB
Dok saya saat ini saya umur 28 tahun dan saya sudah menikah namun belum memiliki momongan. Belakangan ini saya sering sekali mendapatkan flek coklat dari vagina, padahal saya belum waktunya mestruasi. Apakah ini wajar dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SB,

Flek cokelat sebelum menstruasi atau keluar diluar masa menstruasi dapat timbul karena beragam penyebab. Bisa merupakan tanda kehamilan sebagai tanda ketika telur yang dibuahi menempel di dinding rahim, efek samping dari penggunaan KB, gangguan hormonal, adanya gangguan pada organ reproduksi seperti ada kista, adanya tumor jinak di rahim ataupun karena kondisi normal selama masa premenstruasi.

Jika keluhan flek cokelat timbul cukup sering dan disertai gejala lain seperti nyeri perut, rasa mual, muntah dan juga keputihan maka perlu diwaspadai dan perlu diperiksakan pada dokter atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dipastikan penyebabnya. Tidak jarang memang flek cokelat tidak memerlukan penanganan khusus tetapi jika penyebabnya adalah gangguan pada organ reproduksi perlu dilakukan penanganan sesuai dengan penyebabnya karena bisa berhubungan dengan kesuburan.

Untuk cepat hamil sendiri perlu memperhatikan beberapa hal seperti mengetahui kapan masa subur, posisi saat berhubungan, jaga kesehatan, kelola stress dan jalankan pola hidup sehat. Jika masih kesulitan maka perlu dilakukan pemeriksaan baik Anda dan pasangan untuk dilakukan perencanaan program hamil yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

NS
19 Nov 2019, 22:53
Anak saya berumur 15 bulan, sekarang lagi terserang flu sehingga mengakibatkan susah bernafas saat tidur. Adakah cara alami untuk mengobati hidung tersumbat dok?
L
20 Nov 2019, 11:35
Sangat informatif, terima kasih dokter.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cermati tanda-tanda menstruasi agar Anda lebih siap menyambut tamu bulanan

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami yang dialami oleh kaum hawa setiap bulan. Tanda-tanda menstruasi (PMS) bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat, keram perut, payudara bengkak, mood berubah, dsb. Umumnya tanda menstruasi terjadi 5 hari hingga 2 minggu sebelum menstruasi datang.