Flek coklat sebelum haid dan apa yang membuat siklus haid berubah?

RO Info Penanya: RO, Wanita, 23 Tahun
Malam dok,Saya sudah hari kedua di tgl 19 mei ini flek coklat lumayan banyak kadang disertai sedikit gumpalan coklat spt hari terakhir menstruasi tetapi tidak kunjung mengeluarkan darah segar spt menstruasi umumnya dan hanya keluar bbrp jam saja setelah itu tdk keluar lg dan tgl haid saya seharusnya 24 mei dgn siklus 28 hari tiap blnnya. Ini kenapa ya dok? Tanda kehamilan kah atau hanya gejala pms atau ada gejala penyakit lain?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RO

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Haid atau sering disebut dengan menstruasi merupakan kondisi normal yang dialami oleh wanita dari usia remaja hingga mengalami masa menopausenya. Siklus haid ini dikatakan normal selama 21 - 35 hari, dengan rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. 

Beberapa hal yang mempengaruhi siklus haid adalah:

  • Aktivitas fisik yang berlebih dan menyebabkan kelelahan
  • Stres
  • Masalah hormonal
  • Masalah pada organ reproduksi wanita
  • PCOS
  • Obesitas
  • Efek samping dari penggunaan KB terutama KB hormonal 

Perdarahan pada saat terjadi haid bisa berupa bercak (flek), cair, cair kekentalan, atau bahkan gumpalan. Warna darah haid pun berbagai macam bisa coklat, merah terang, merah gelap, merah kecoklatan, merah kehitaman bahkan hitam. Lamanya wanita mengalami haid dikatakan normal dalam waktu 2 - 14 hari, dengan rata-rata wanita mengalami haid selama 3-7 hari. 

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bila Anda ragu terhadap kehamilan Anda dapat melakukan tes kehamilan. Tindakan yang bisa Anda lakukan yitu dengan menghindari stres, istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Jika keluhan tidak membaik, dan diikuti dengan gejala lain segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan USG serta mendapatkan terapi yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.