Apa penyebab flek cokelat sebelum haid?

NA Info Penanya: NA, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau tanya. Saya kan bukan kmrin haid tgl 29, nah skrng belum waktunya saya dapet krna blm tgl 29, nah pertanyaannya itu amalan saya keluar flek warna coklat, apa itu artinya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NAC.

Haid disebut juga sebagai datang bulan atau menstruasi. Ketika haid, dinding rahim akan luruh dalam bentuk darah yang keluar dari liang vagina. Darah yang keluar dimulai dengan flek atau bercak kecokelatan, diikuti dengan darah berwarna merah yang biasanya cukup deras, kemudian kembali berbentuk flek saat haid akan berakhir. Lama keluarnya darah ini bisa berkisar 3-8 hari, bervariasi pada setiap wanita.

Selama wanita dalam rentang usia subur, haid akan berulang secara teratur. Jarak antar haid ini disebut dengan siklus haid. Siklus haid yang normal adalah setiap 21-35 hari, dengan rata-rata 28 hari.

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, perlu diketahui terlebih dahulu berapa lama siklus haid Anda biasanya. Jika haid terakhir Anda tanggal 29 Maret, siklusnya masih akan normal jika pada tanggal 25 April Anda haid kembali, yaitu 28 hari. Anda bisa mencoba mencatat tanggal haid Anda untuk mengetahui siklusnya. Hal ini juga penting ketika nantinya Anda ingin merencanakan atau menunda kehamilan. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.