24 Dec 2020, 13:45Kulit & Kelamin

Penyebab keluar flek kecoklatan setelah berhubungan seksual

DN
Info Penanya: DN0
Dok saya ingin bertanya, kenapa ya keluar bercak cokelat sehari setelah berhubungan tetapi saat berhubungan tidak mengeluarkan sel sperma hanya dimasukan saja
318 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D.Hubungan seksual baik diikuti dengan proses peentrasi maupun tidak, dan adanya proses ejakulasi atau tidak sama-sama dapat menyebabkan infeksi pada vagina. Organ intim pria dimana berfungsi pula sebagai sistem saluran kemih dapat membawa kuman dan bakteri yang banyak, terlebih jika organ intim pria maupun wanita tidak dijaga dengan baik kebersihannya. Bakteri dapat masuk ke organ reproduksi wanita sehingga menyebabkan keputihan. Namun keputihan yang terjadi tidak selalu berupa keputihan yang tidak normal, dapat pula terjadi keputihan yang normal seperti tidak adanya cairan yang banyak dan berbau, tidak disertai gatal atau perih pada vagina.

Penyebab keluar flek kecoklatan setelah berhubungan seksual

Flek kecoklatan adalah sebuah darah yang keluar dari vagina dalam jumlah yang sedikit dan menempel di pakaian dalam membentuk bercak kecoklatan. Saat terjadinya flek, harus diperhatikan terlebih dahulu apakah ini berasal dari vagina atau dari saluran kemih. Karena infeksi saluran kemih juga dapat menyebabkan keluarnya darah yang membentuk seperti flek kecoklatan. Penyebab keluar flek kecoklatan setelah berhubungan seksual antara lain :
  • Kondisi vagina yang kering, kurang pelumas alami akibat penggunaan alat kontrasepsi hormonal ataupun hubungan seksual yang tidak didahului oleh foreplay, akan menyebabkan luka lecet pada vagina. Luka lecet ini dapat menyebabkan keluarnya darah di pakaian dalam.
  • Saat terjadinya penetrasi, wanita yang menggunakan IUD/AKDR dengan tali yang terlalu panjang dapat menusuk kepala penis ataupun serviks wanita yang menyebakan perlukaan.
  • Flek kecoklatan dapat merupakan tanda sebuah gejala menstruasi yang akan datang.
  • Penyakit menular seksual juga dapat menimbulkan flek kecoklatan pasca berhubungan intim.
  • Infeksi dan peradangan pada organ reproduksi wanita seperti infeksi serviks juga dapat menimbulkan perdarahan yang keluar dari vagina.
Berhubungan seksual dapat menyebabkan kehamilan, terlebih jika perempuan sedang dalam masa subur. Walau tidak melakukan ejakulasi, cairan yang keluar dari penis saat penetrasi dapat mengandung sperma walau jumlah yang kecil. Jika Anda dan pasangan ingin menunda terjadinya kehamilan, maka sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi yang ada.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
hubungan seksualmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil