Flek coklat disebabkan apa selain kehamilan ?

SD Info Penanya: SD, Wanita, 30 Tahun
Halo dok, izin bertanya. Waktu haid saya masih 1 minggu lagi, tapi beberapa hari ini saya mengalami flek coklat (tidak di sertai darah haid) kemudian saya langsung testpack tapi hasilnya negatif. Mohon saran dari dokter apa yang harus dilakukan? Jika bukan hamil adakah kemungkinan lain?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SDM.

Flek coklat merupakan keadaan yang cukup banyak dialami wanita berkaitan dengan siklus menstruasinya. Pada dasarnya, flek coklat secara normal dapat terjadi mengawali maupun mengakhiri haid. Hal ini terjadi karena adanya pengeluaran darah yang tertunda dan secara alami mengalami proses oksidasi di dalam tubuh.

Akan tetapi, adapun flek coklat yang dipicu oleh beberapa kondisi medis yang bersifat normal maupun tidak normal. Flek coklat yang normal lainnya dapat terjadi karena kehamilan. Flek coklat yang disebabkan oleh kondisi kehamilan umumnya berupa perdarahan implantasi yang biasanya terjadi pada masa awal kehamilan. Namun demikian, flek coklat dapat pula terjadi karena kondisi kandungan yang lemah, atau diakibatkan oleh gangguan kehamilan seperti kehamilan ektopik hingga proses keguguran. Flek coklat yang tidak nomal dpat pula disebabkan oleh gangguan haid yang dikenal dengan istilah metroragia (keadaan haid yang tidak teratur). Flek coklat pada keadaan ini terjadi diluar siklus menstruasi.

Mengenai pemeriksaan test pack yang Anda lakukan 1 minggu sebelum jadwal haid Anda ada baiknya dilakukan pengulangan bila terjadi keterlambatan haid sudah mencapai 10 hari. Umumnya test pack yang dilakukan saat ini bisa jadi masih terlalu dini dan dapat memeberikan hasil yang kurang akurat. Jika setelah dilakukan pemeriksaan test pack selanjutnya masih negatif, maka pengeluaran flek coklat yang Anda alami mungkin disebabkan oleh gangguan haid. Jika berkelanjutan Anda dapat membantu melancarkan haid dengan mengonsumsi air rebusan jahe dan bubuk kayu manis. Apabila berlangsung terus menerus atau berulang di tiga siklus haid selanjutnya, ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter Kandungan secara langsung karena dapat disebabkan oleh gangguan pada alat reproduksi.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea adalah penyebab wanita tidak haid

Waspadai Amenorrhea, Salah Satu Kondisi Penyebab Tidak Haid

Amenorrhea merupakan salah satu kondisi penyebab wanita tidak haid. Kondisi ini ditandai dengan tak munculnya menstruasi meski sudah memasuki usia pubertas.