Flek coklat sebelum siklus haid, apakah itu tanda kehamilan?

YP Info Penanya: YP, Wanita, 22 Tahun
Siang dok saya mau tanya, saya berhubungan akhir bulan maret dan 16april saya haid. Tapi tadi pagi keluar flek coklat yg saya kira haid ternyata hanya sekali itu saja flek nya tidak berlanjut. Apakah itu flek tanda kehamilan ? Dan apakah kemungkinan hamil padahal saya terkahir berhubungan akhir maret kemarin. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Y.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Flek coklat yang muncul tiba-tiba sebelum waktunya untuk haid merupakan kondisi yang normal dan bukan tanda sesuatu yang berbahaya. Tetapi, bisa juga merupakan tanda suatu penyakit jika felek coklat disertai dengan bau tak sedap, nyeri perut, nyeri dan gatal di vagina. 

Penyebab flek coklat

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan munculnya flek coklat sebelum periode menstruasi, yaitu:

  • Tanda kehamilan.
  • Sisa darah haid.
  • Gejala PMS (premenstrual syndrome).
  • Cedera atau lecet pada vagina. 
  • Efek samping memasang KB spiral.
  • Perimenopause. 

Terkait dengan gejala flek coklat yang Anda alami ini, itu bukan merupakan tanda kehamilan karena Anda terakhir kali berhubungan seks di bulan maret. Lalu, pada bulan April, Anda mengalami haid. Sehinga tidak akan terjadi pembuahan dan implantasi pada rahim. Kemungkinan penyebab munculnya flek coklat ini adalah gejala PMS (premenstruasl syndrome). Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

Untuk memastikannya, bisa diobservasi dulu selama 1 minggu ke depan apakah Anda mengalami haid atau tidak. Karena jika dilihat dari siklus haid Anda bulan lalu, seharusnya Anda akan mengalami haid di minggu-minggu ini.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.