Flek coklat sebelum menstruasi, apakah perlu pemeriksaan?

N Info Penanya: N, Wanita
Dok sebelumnya saya selalu haid teratur dan dalam siklus yang normal dan saya sudah menikah. Namun pada bulan ini saya selalu mengalami flek coklat 5 hari di setiap minggunya. Pada minggu sebelumnya saya sudah melakukan pemeriksaan usg dan konsultasi yang hasilnya karena hormonal dengan 2 dokter kandungan yang berbeda. Namun pada minggu ini saya masih mengalami flek coklat, apakah saya harus konsultasi kembali?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Flek cokelat atau spotting adalah adanya perdarahan dari organ reproduksi dalam jumlah kecil. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam hal mulai dari gangguan hormonal, gangguan organ reproduksi seperti misalnya adanya tumor jinak, adanya kista, infeksi organ kewanitaan, tanda kehamilan, stres, efek samping KB, penyakit menular seksual dan lainnya.

Jika sudah dilakukan pemeriksaan dan diberikan penanganan untuk perdarahannya baik berupa obat hormonal ataupun obat non hormonal tetapi flek masih tetap timbul maka ada baiknya bisa memeriksakan diri kembali. Nantinya akan dilakukan evaluasi kembali apa yang menjadi pemicunya, salah satunya bisa juga dilakukan pemeriksaan tambahan lain jika diperlukan.

Penting untuk menjaga keseharian seperti perlu mengelola stres, hindari aktivitas berat, jaga asupan makanan dan pola makan, olahraga teratur, cukupi kebutuhan tidur dan istirahat, jaga berat badan ideal dan lainnya. Upayakan tidak terlalu stres menghadapi kondisi ini karena juga bisa berpengaruh memicu gejala. Perikasakan kembali pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dipastikan pemicunya dan diberikan penanganan lanjutan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NT
10 Mar 2020, 21:38
Dok saya mw tanya nih dok, saya telat suntik kb 3bln, karna kluar bercak darah dok, ada 5 hari saya berhubungan sama suami saya, bsok paginya saya minum pil darurat dok, ada 2 hari saya suntik kb lg dok 1 bln, apa bisa hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
13 Mar 2020, 08:36
Apabila berhubungan di saat Anda tidak menggunakan kontrasepsi, kemungkinan hamil akan selalu ada ya, Bu. Sebaiknya Anda memeriksakan diri dengan testpack saat terlambat haid, atau periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.
Dibalas oleh N
11 Mar 2020, 18:17
Sdh dilakukan pemeriksaan namun tidak di berikan obat, tindakan yang dilakukan juga hanya usg. Apabila selanjutnya saya konsultasi kembali, apakah ada tindakan selain usg dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
13 Mar 2020, 08:40
Jika tidak diberikan obat, kemungkinan besar hasil USG masih normal, ya. Anda dapat kontrol sesuai jadwal berkala, tindakan saat kontrol akan disesuaikan dengan kondisi Anda saat itu ya :)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!