Flek coklat muncul setelah haid apa hamil?

T Info Penanya: T, Pria, 24 Tahun
Selamat malam dok,Mens terakhir istri saya itu hari kamis, lalu setelah itu kami berhubungan badan pada malam minggu (2 hari setelah haid). Hari minggunya ( 1 hari setelah hubungan badan / 3 hari setelah haid), kluar flek coklat tak berbau pada istri saya. Sampai hari kamis (4 hari setelah berhubungan badan / 7 hari setelah) ini masih berlangsung dan jumlah flek bertambah. Saya menggunkaan pengaman saat berhubungan badan. Apakah ini normal? Kapan saya harus memeriksakan istri saya ke dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang T,

Darah implantasi adalah darah yang muncul sebagai tanda proses penempelan janin pada rahim yang seringkali tidak disadari.

Tanda-tanda darah implantasi:

  • Terjadi pada hari ke 6-12 setelah berhubungan seksual. Tentunya hubungan seksual ini idealnya dilakukan ketika masa subur. Bila hubungan seksual dilakukan di luar masa subur maka kemungkinan terjadinya kehamilan kecil.
  • Darah yang keluar hanya sedikit, sehingga sering muncul sebagai bercak saja.
  • Berlangsung maksimal 2-3 hari saja.
  • Darah berwarna pink muda atau kecokelatan.

Dari segi masa subur seharusnya bukan termasuk masa subur istri Anda bila dianggap siklus haid Anda 28 hari. Yang digunakan sebagai patokan adalah kapan tanggal mulainya haid istri Anda, bukan kapan haid terakhirnya. Sebaiknya untuk memastikan sedang hamil atau tidak, lakukan test pack bila sudah 1 minggu terlambat haid. Pastikan untuk menggunakan urin yang pertama keluar di pagi hari.

Selama menunggu waktu untuk test pack, jaga pola hidup dengan cara:

  • Banyak beristirahat.
  • Banyak makan sayur, asam folat, omega 3, ikan, kacang-kacangan.
  • Banyak minum air putih.
  • Jangan stres.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda kurang yakin dengan hasil tes packnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Porsi makan ibu hamil yang tepat

Mengenal Panduan Porsi Makan Ibu Hamil yang Sehat dan Tepat

Porsi makan ibu hamil yang tepat perlu diketahui demi kesehatan ibu dan bayinya. Hal ini perlu untuk diperhatikan karena akan berpengaruh pada berat badan ibu dan bayinya.