05 Jan 2021, 15:42Kandungan

Apakah haid yang datang maju lebih awal merupakan gangguan ?

YH
Info Penanya: YH0
Selamat sore dok.. bulan nopember saya haid selama 7 hari. Darah yg keluar normal seperti biasa. Setelah 3 minggu saya haid lagi, cuman darah yg keluar sedikit2 sampe 1 minggu. Itu dri tanggal 21 s.d 26 desember.. Sekarang tgl 5 januari muncul flek lagi... Yg saya rasakan sekarang sedikit pusing. Tidak ada keluhan yg lain. Apakah itu normal? Mohon penjelasannya. Terimakasih...
308 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Y.Menstruasi di setiap wanita kadang mengalami gangguan berupa siklus yang tidak teratur. Haid bisa saja mundur dari waktu yang seharusnya, ataupun maju lebih cepat. Haid ini dapat keluar dari vagina dalam jumlah normal, atau sangat banyak hingga bergumpal, bahkan hanya sedikit-sedikit. Semua keluhan ini membuat wanita menjadi tidak nyaman.

Apakah haid yang datang maju lebih awal merupakan gangguan ?

Siklus menstruasi tiap wanita berbeda-beda, namun siklus menstruasi normal sekitar 21-35 hari dapat dijadikan patokan apakah siklus yang Anda alami masih dalam batas normal atau tidak. Jika diukur dari tanggal 21 Desember ke 5 Januari yaitu 15 hari, lebih sedikit dari siklus menstruasi normal. Ini dapat disebabkan oleh siklus menstruasi yang memendek, atau gangguan hormonal yang terjadi karena penggunaan alat kontrasepsi yang mengandung hormon progesteron. Selain itu darah yang keluar juga dapat berupa proses implantasi janin jika setelah haid selesai di bulan sebelumnya Anda melakukan hubungan seksual. Untuk itu, Anda dapat memeriksakan urin Anda menggunakan test pack jika dalam bulan Januari Anda tidak mengalami haid sama sekali. Anda juga dapat konsultasi keluhan Anda ke dokter spesialis kandungan.Anda harus menerapkan pola hidup yang sehat di dalam keluarga, termasuk makan mengandung gizi yang lengkap, menghindari makanan yang tinggi akan gula, tidak merokok, dan terpapar asap rokok, tidak minum alkohol, olahraga secara rutin dan konsisten, agar hormon di tubuh Anda menjadi stabil.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya haspari.
siklus haidmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil