11 Feb 2021, 16:01Kandungan

Apa yang menyebabkan keluar flek coklat disertai mual ?

P
Info Penanya: P, Wanita, 22 Tahun
Selamat sore, saya ingin tanya dok saya punya riwayat mens dua kali bulan januari hpht tgl 3 dan 15, lalu saya berhubungan tgl 23-24, siklus 34-37 hari menurut hpht pertama saya harusnya mens hari ini tapi saya hanya keluar flek coklat se-ruas jari dari kemarin dan sedikit bercak darah merah tua, disertai badan mengantuk sepanjang hari, pusing, kadang mual apalagi setelah makan, kram perut ringan, dan nyeri tubuh. Apakah kemungkinan saya hamil? Krn kemarin saya tespek di pagi hari hasil negatif
8040 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, P.Menstruasi yang terjadi sebanyak 2 kali dalam sebulan dapat menyebabkan anemia karena tubuh mengluarkan zat besi yang lebih banyak, terutama jika menstruasi dalam waktu yang lama. Gangguan menstruasi dapat terjadi pada wanita walau sebelumnya haid berjalan secara teratur.

Apa yang menyebabkan keluar flek coklat disertai mual ?

Penyebab keluar flek coklat disertai mual yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh kehamilan. Kehamilan dapat terjadi setelah Anda berhubungan seksual, dimana sel telur dibuahi oleh sperma yang meningkatkan hormon kehamilan di tubuh setelah penempelan janin pada dinding rahim. Penempelan janin di dinding rahim juga akan menimbulkan flek kecoklatan yang disertai oleh keram perut.Namun penyebab munculnya flek kecoklatan setelah berhubungan seksual dan telat haid tidak selalu tanda sebuah kehamilan, bisa saja hal ini merupakan tanda gejala awal akan menstruasi yang sering disebut dengan premenstrual syndorme.Saat awal kehamilan test pack sering menunjukkan hasil yang negatif palsu karena hormon kehamilan belum terdeteksi di urin, sehingga memerlukan pemeriksaan lebih akurat melalui USG transvaginal di dokter spesialis kandungan. Tetap jaga imunitas dan olahraga secara konsisten agar siklus menstruasi teratur kembali.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilanpremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil