15 Mar 2020, 21:50Kandungan

Flek berkepanjangan setelah lepas suntik 3 bulan, apa penyebabnya?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Saya lepas kb sunyik 3 bulanan 21des 2019..lalu sebulan kemudian muncul flek coklat lalu seminggu banyak seperti haid..laku flek trus sampai sekarang..3 hari ini darah keluar banyak seperti haid lagi..kadang perut bawah terasa kram..kenapa ya..sudah lebih sebulan belum berhenti
45303 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang FF,KB suntik adalah metode kontrasepsi dengan penyuntikan hormon yang bisa digunakan baik 1 bulan sekali ataupun 3 bulan sekali. KB suntik sendiri memerlukan waktu hingga beberapa bulan untuk bisa menghilangkan efeknya pada tubuh.Efek samping KB suntik yang bisa timbul diantaranya adalah:
  • Gangguan menstruasi, baik perdarahan yang tidak normal ataupun sampai tidak haid sama sekali
  • Nyeri payudara
  • Berkurangnya kepadatan tulang
  • Penambahan berat badan
  • Perlu waktu untuk bisa kembali subur jika sudah dilepas
Flek darah yang timbul sendiri bisa merupakan salah satu efek samping setelah melepas kontrasepsi KB suntik, hal ini bisa juga menyebabkan gangguan hormonal. Untuk mengatasinya perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan dimana nantinya akan diberikan obat untuk mengehentikan perdarahan baik yang sifatnya hormonal ataupun non hormonal.Selain itu nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain seperti misalnya gangguan organ reproduksi seperti tumor jinak di rahim, endometriosis, kista dan lainnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kontrasepsigangguan menstruasiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil