Flek berkepanjangan setelah lepas suntik 3 bulan, apa penyebabnya?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Saya lepas kb sunyik 3 bulanan 21des 2019..lalu sebulan kemudian muncul flek coklat lalu seminggu banyak seperti haid..laku flek trus sampai sekarang..3 hari ini darah keluar banyak seperti haid lagi..kadang perut bawah terasa kram..kenapa ya..sudah lebih sebulan belum berhenti
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FF,

KB suntik adalah metode kontrasepsi dengan penyuntikan hormon yang bisa digunakan baik 1 bulan sekali ataupun 3 bulan sekali. KB suntik sendiri memerlukan waktu hingga beberapa bulan untuk bisa menghilangkan efeknya pada tubuh.

Efek samping KB suntik yang bisa timbul diantaranya adalah:

  • Gangguan menstruasi, baik perdarahan yang tidak normal ataupun sampai tidak haid sama sekali
  • Nyeri payudara
  • Berkurangnya kepadatan tulang
  • Penambahan berat badan
  • Perlu waktu untuk bisa kembali subur jika sudah dilepas

Flek darah yang timbul sendiri bisa merupakan salah satu efek samping setelah melepas kontrasepsi KB suntik, hal ini bisa juga menyebabkan gangguan hormonal. Untuk mengatasinya perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan dimana nantinya akan diberikan obat untuk mengehentikan perdarahan baik yang sifatnya hormonal ataupun non hormonal.

Selain itu nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain seperti misalnya gangguan organ reproduksi seperti tumor jinak di rahim, endometriosis, kista dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh FF
17 Mar 2020, 22:49
Apakah dengan menggunakan pil kb bisa menghentikan nya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
18 Mar 2020, 09:07
Selamat pagi FF,
Pil KB juga merupakan kontrasepsi hormonal dan memberikan efek samping bagi tubuh ya, dan bagi setiap orang akan berbeda efek samping hormonalnya. Jadi tidak menjamin apakah bisa menghentikan flek atau tidak ya. Sebaiknya berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya :)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.