28 Sep 2020, 04:45Kandungan

Mengalami flek 10 hari setelah lepas suntik KB

VP
Info Penanya: VP0
Dok selama 3 tahun saya suntik KB 3 bulan dan ga pernah menstruasi .. dan sekarang saya sudah lepas KB udah 3 bulan dan blum menstruasi .. tapi udah 10 hari ini sya flek flek terus apa harus diperiksa ..
231 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. dr Sylvia V
(0)
Selamat sore, VP.Flek yang terjadi selama sepuluh hari berturut-turut adalah suatu kondisi tidak normal yang dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan satu atau lebih hormon tubuh. Salah satu faktor yang dapat memicu hal tersebut adalah penggunaan alat kontrasepsi hormonal, yang salah satunya adalah suntik.Walaupun sudah tidak menggunakan suntik selama tiga bulan, hormon tubuh tidak serta-merta kembali normal dalam waktu cepat. Butuh waktu cukup lama, dengan rentang sekitar 6-24 bulan bagi seorang wanita sampai hormon tubuhnya kembali seperti sebelum menggunakan kontrasepsi.Oleh karena itu, terkait apa yang Anda alami saat ini, kemungkinan masih disebabkan oleh faktor pasca penggunaan suntik. Apabila flek terjadi lebih dari 14 hari, atau disertai rasa pusing dan lemas, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksan dan penanganan lebih lanjut. Lalu, usahakan melakukan pola hidup sehat agar hormon lebih cepat seimbang, dengan cara:
  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang bervariasi
  • Minum air putih yang cukup
  • Tidur 7-9 jam pada malam hari
  • Melakukan olahraga secara rutin, misalnya lari pagi, bersepeda, atau berdansa
  • Mengendalikan tingkat stres dengan baik
  • Tidak merokok
Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penggunaan kbhormonflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil