Fitness dengan Badan Optimal

HW Info Penanya: HW, Pria, 48 Tahun
Dok, bisakah saya melakukan olahraga fitness dengan kondisi saya sekarang ini?Haruskah saya melakukan pemeriksaan jantung sebelum melakukan olahraga fitness? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak HW,

Fitness yaitu aktifitas untuk membuat tubuh menjadi bugar yaitu dengan Latihan Angkat Berat dan Aerobik. Saat ini dalam pergaulan dikenal dengan istilah “nge-Gym” karena dilakukan di Gymnasium atau Pusat Kebugaran / Pusat Olahraga. Kegiatan nge-Gym sekarang semakin terkenal dan sudah termasuk sebagai suatu bentuk gaya hidup di daerah perkotaan. Kegiatan positif ini memberikan keuntungan badan sehat, bugar, badan berotot, fitalitas tubuh meningkat, tulang dan otot menjadi kuat, dll.

Bila Bapak baru hendak melakukan Fitness, atau Pemula maka diperlukan motifasi yang baik seperti untuk mencapai Berat Badan Ideal, membuat perut menjadi sixpack, membentuk otot, atau sekedar menjalani gaya hisup sehat.

Sebelum melakukan fitness, maka diperlukan beberapa kondisi kesehatan untuk mengukur tingkat kesehatan Bapak seperti ; Tekanan Darah, Jumlah Frekwensi Nadi dan Detak Jantung sebelum dan sesudah melakukan latihan fisik. Hal ini penting untuk menentukan jenis latihan, lamanya waktu latihan, dan jumlah set dalam setiap latihan yang cocok untuk Bapak. Pengukuran  dapat dilakukan di Tempat Fitness yang Profesional atau di Klinik Umum terdekat di Kota Bapak.

Untuk itu kami sarankan sebaiknya Bapak memilih tempat Fitness yang memiliki Instruktur atau Personal Trainer yang profesional yang dapat membimbing dan mengarahkan Bapak.

Selamat berolah raga.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selama kehamilan, salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu untuk ibu hamil.

Manfaat dan Berbagai Jenis Susu Ibu Hamil

Asupan kalsium diperlukan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua, membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium.