21 Sep 2020, 08:48Kandungan

Menstruasi setelah berhubungan intim pertama kali, apakah mungkin hamil?

LZ
Info Penanya: LZ, Pria, 3 Tahun
Dok, ketika menstruasi siklus saya berubah ubah tapi dalam bulan ini saya telat seminngu menstruasi, lalu saya berhuhungan badan untuk pertama kalinya, saya memang sudah merasakan tanda tanda akan menstruasi, setelah selesai berhubungan saya mengeluarkan darah menstruasi, apakah ada kemungkinan saya hamil?
1258 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, LZ.Menstruasi yang datang setelah berhubungan intim menandakan bahwa tidak terjadi kehamilan. Akan tetapi, apabila baru berhubungan seks pertama kali, pastikan bahwa darah yang keluar benar-benar menstruasi dan bukan karena penyebab lainnya. Karena, mungkin saja robekan selaput dara, penetrasi terlalu dalam, maupun luka di dinding vagina dapat menyebabkan bercak darah yang serupa dengan bercak pada hari-hari awal menstruasi.Apabila benar darah tersebut adalah menstruasi, maka saat ini belum terjadi kehamilan, ya. Tapi, jangan kecil hati, Anda dapat mencoba melakukan hubungan intim secara rutin pada masa subur selanjutnya untuk mendapatkan momongan. Tentunya, agar kehamilan terjadi, lakukan hubungan intim tanpa kontrasepsi, ya.Anda juga dapat melakukan pola hidup sehat bersama pasangan agar kualitas sel telur dan sperma terjaga dengan baik, dan meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan, dengan cara:
  • Memperbanyak konsumsi makanan bergizi dan mengurangi konsumsi junk food
  • Minum air putih yang cukup
  • Menghindari rokok dan minuman beralkohol
  • Tidur cukup 7-9 jam pada malam hari
  • Rutin berolahraga 3-4 kali per minggu, dengan durasi minimal 30 menit per sesi
  • Mengelola stres dengan rutin yoga atau meditasi
Untuk informasi lebih lanjut, berkonsultasilah kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil