Apa saja penyebab BAB berdarah?

SU Info Penanya: SU, Pria, 24 Tahun
Halo dok, izin bertanya.2 hari yang lalu saya makan makanan pedas, kemudian esok pagi saya BAB, namun diakhiri dengan mencret darah. setelah itu saya BAB lebih sering dan feses saya encer berdarah. hampir 9x dalam sehari feses saya encer dan merah seperti darah.tidak ada rasa mual atau pusing. tetapi setelah 2 hari kepala saya aga pusing, mungkin karena darag yang keluar.Mohon silusinya dok, terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi S

Terima kasih atas pertanyan Anda

BAB atau buang air besar merupakan suatu proses dari makhluk hidup untuk mengeluarkan feses (tinja) dari sistem pencernaan tubuh. Normalnya, tinja ini memiliki konsistensi padat atau setengah padat (solid) dan berwarna kuning kecoklatan ataupun coklat. BAB dengan tinja yang cair, lembek, berlendir, atau bahkan BAB berdarah bisa merupakan pertanda adanya beberapa masalah yang terjadi dari sistem pencernaan.

Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan BAB berdarah adalah:

  • Adanya perdarahan pada saluran pencernaan bagian atas
  • Adanya robekan pada dinding anus (fisura ani)
  • Adanya polip atau tonjolan pada usus
  • Adanya wasir / ambeyen 
  • Adanya Inflamatory bowel disease (IBD)
  • Adanya penyakit divertikular
  • Adanya kolitis iskemik
  • Adanya infeksi saluran pencernaan 

Terkait dengan apa yang Anda keluhkan, apabila BAB sudah lebih dari 8x dalam 1x24 jam maka sebaiknya segera periksakan ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang bila diperlukan. 

Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan adalah dengan berusaha mencukupi kebutuhan cairan agar tidak dehidrasi dengan perbanyak minum, konsumsi makanan sehat dan bergizi, hindari makanan pedas / berlemak / berminyak / asam, hindari kopi / alkohol / minuman bersoda, biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas terutama saat makan / minum, dan jaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar.

Segera ke IGD terdekat apabila keluahan BAB cair berulangkali yang disertai dengan adanya darah / lendir, lemas, mual dan atau muntah, nyeri perut hebat, pusing, kedua tangan dan kaki dingin, serta pucat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan antibiotik untuk flu tidaklah efektif.

Benarkah Antibiotik untuk Flu Sebenarnya Tidak Diperlukan?

Antibiotik untuk flu ternyata bisa membawa dampak berbahaya bagi tubuh. Selain itu, penggunaan antibiotik bukanlah langkah tepat untuk menyembuhkan flu. Lantas, bagaimana caranya menyembuhkan flu, tanpa antibiotik?