22 May 2021, 15:56Kandungan

Apakah ibu hamil bisa menggunakan BPJS di faskes berbeda ?

FF
Info Penanya: FF0
Selamat sore dok, ijin bertanya istri saya alhamdulillah sedang hamil 6 minggu anak kedua, pertanyaannya faskes saya ditanggerang namun istri saya ingin mlahirkan di jakarta (RS anak pertama saya lahir), apakah bisa cek kandungan tetap ditanggerang sesuai faskes 1 saya, dan pada saat usia kandungan 7 bulan apakah bisa cek kandungan dan melahirkan dijakarta, setelah ganti faskes ke jakarta ? Apakah cek kndungan di fakses tanggerang akan berpengaruh pada saat cek kndungan dan mlahirkan dijakarta?
93 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, F.Melahirkan membutuhkan biaya tidak sedikit terutama diikuti penyulit seperti janin kembar, ketuban pecah dini, panggul sempit, janin tidak kunjung turun, ibu darah tinggi, ibu dengan gula yang tidak terkontrol sehingga tak jarang membutuhkan tindakan seperti operasi sesar.

Apakah bisa beda faskes saat kontrol hamil dan melahirkan ?

BPJS dapat digunakan di seluruh Indonesia saat fasilitas kesehatan berkerja sama dengan BPJS. Istri Anda yang sedang hamil 6 minggu dimana selama kehamilan kontrol rutin di faskes 1 Tanggerang namun ingin melahirkan di Jakarta, bisa dilakukan selama kartu BPJS dalam keadaan aktif.Sebenarnya kontrol di faskes dan daerah yang berbeda dapat membingungkan dokter kandungan dalam melihat riwayat kehamilan. Tetapi jika Anda memiliki riwayat catatan kontrol kehamilan secara lengkap, maka tidak masalah. Pastikan istri Anda sudah pindah faskes sebelum melahirkan di Jakarta agar tidak rumit mengurus semua keperluan saat bersalin. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan fisik dengan olahraga, senam hamil, senam kegel, makan bergizi, istirahat yang cukup, konsumsi vitamin agar ibu dan janin selalu sehat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilanbpjs ibu hamilpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil