Kenapa feses hijau kehitaman?

BS Info Penanya: BS, Pria, 28 Tahun
Selamat siang dok saya bayu usia 28 tahun, saya menanyakan soal fases saya kok berwana hijau kehitaman setelah 5 hari terkahir ini minum suplemen biotin puritans pride, apakah berbahya dan saya harus berhenti meminum nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BS,

Adanya perubahan pada warna feses bisa disebabkan oleh adanya gangguan di organ liver, kandung empedu, faktor warna dari makanan yang dimakan, hingga masalah di lambung seperti perdarahan lambung.

Berikut ini ciri-ciri perubahan warna feses berdasarkan penyebabnya :

  1. Pada gangguan di liver dan kandung empedu akan mengakibatkan kotoran berwarna pucat, seperti dempul.
  2. Pada perdarahan lambung, akan muncul feses yang berwarna kehitaman seperti petis karena darah di lambung yang bercampur dengan asam lambung akan menimbulkan reaksi dan berwarna kehitaman.
  3. Konsumsi makanan seperti buah naga, cumi, petis, sayur hijau, suplemen besi juga bisa menimbulkan warna kehitaman.

Perihal suplemen yang Anda minum sepertinya tidak menimbulkan perubahan warna, namun sebaiknya dihentikan dulu sampai warna feses Anda kembali normal.

Bila setelah dihentikan namun warna feses tetap kehitaman, ada keluhan lain misal mual, nyeri ulu hati, lemas, dll maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam untuk memastikan kondisi perut Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hepatitis A bisa ditularkan melalui kontaminasi makanan dan minuman

Petugas Kebersihan Sekolah Jadi Penyebab Wabah Hepatitis A di Depok

Wabah hepatitis A muncul di Depok, Jawa Barat, tepatnya di SMPN 20. Penyebab Hepatitis A adalah virus yang menyebar lewat feses maupun makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.